Peranan / Fungsi Protista (Protista Yang Merugikan & Menguntungkan)

Kingdom Protista memiliki peranan bagi kehidupan. Peran tersebut dapat menguntungkan dan juga dapat merugikan. Berikut akan diuraikan mengenai peranan kingdom Protista bagi kehidupan.
1. Peran Protista yang Merugikan
       Anggota Kingdom Protista ada yang merugikan, contohnya pada Protozoa. Sebagian besar anggota Protozoa merupakan patogen pada manusia dan hewan, contohnya phylum Rhizopoda. Pernahkah Anda mengalami disentri? Disentri merupakan suatu penyakit dengan gejala buang air besar bercampur lendir. Penyebabnya adalah Entamoeba dysentriae.
Contoh anggota Protista yang merugikan
(a) Trypanasoma gambiense
(b) Trichomonas vaginalis
(c) Entamoeba histolitica
      Contoh lainnya, yaitu Entamoeba histolitica yang menyebabkan amebiasis. Phylum lainnya adalah Zoomastigophora. Anggota Phylum ini umumnya patogen. Contoh dari Phylum Zoomastigophora adalah Trichomonas vaginalis, yang menyebabkan penyakit kelamin pada wanita; Leishmania tropica, penyebab penyakit kulit; dan Trypanosoma gambiense, penyebab penyakit tidur.

2. Peran Protista yang Menguntungkan
       Selain dapat merugikan, anggota Protista ada yang menguntungkan. Umumnya dari kelompok alga. Sebagai Protista yang mirip tumbuhan, alga merupakan produsen bagi organisme lain di suatu ekosistem, khususnya di ekosistem perairan.
Selain itu, alga juga memiliki peran yang bermanfaat bagi organisme lain. Contohnya, sebagai bahan pangan, bahan obat-obatan, dan bahan dasar kosmetika. Perhatikan contoh spesies alga yang memiliki peran menguntungkan pada tabel berikut.
Contoh Peran dari Spesies Alga yang Menguntungkan
Selain itu, alga juga dapat dibudidayakan menjadi bahan dasar berbagai macam produk, seperti makanan dan bahan-bahan kosmetik.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Peranan / Fungsi Protista (Protista Yang Merugikan & Menguntungkan)"