Gejala Kanker Payudara (Periksa Sejak Dini Gejala Kanker Payudara)

       Kanker payudara muncul sebagai akibat dari sel-sel yang abnormal terbentuk pada payudara dengan kecepatan tidak terkontrol dan tidak beraturan. Selsel tersebut merupakan hasil mutasi gen dengan perubahan-perubahan bentuk, ukuran maupun fungsinya.
Kanker payudara dapat menyebar ke organ lain seperti paru-paru, hati, dan otak melalui pembuluh darah. Kelenjar getah bening aksila ataupun supraklavikula membesar akibat dari penyebaran kanker payudara melalui pembuluh getah bening dan tumbuh di kelenjar getah bening.
Kanker payudara (Carcinoma Mammae) oleh WHO dimasukkan ke dalam International Classification of Diseases (ICD) dengan kode nomor 174 untuk wanita dan 175 untuk pria.

Gejala Kanker Payudara
       Gejala dan pertumbuhan kanker payudara tidakk mudah dideteksi karena pada awal pertumbuhan sel kanker tidak dapat diketahui dengan mudah. Pada umumnya gejala baru akan diketahui setelah stadium kanker berkembang agak lanjut, karena pada tahapan dini biasanya tidak menimbulkan keluhan. Penderita merasa sehat, tidak merasa nyeri, dan tidak mengganggu.
       Gejala kanker payudara pada stadium dini susah dideteksi menyebabkan banyak penderita yang berobat dalam kondisi kanker dalam stadium yang sudah lanjut. Hal demikian akan mempersuit peneyembuhan dan semakin kecil peluang kanker payudara untuk disembuhkan. Akan tetapi jika kanker sudah diketahui sejak dini tentu akan memudahkan proses penyembuhan. Tanda yang mungkin muncul pada stadium dini adalah teraba benjolan kecil dipayudara akan tetapi tidak terasa nyeri.
        Gejala yang timbul saat penyakit memasuki stadium lanjut akan bertambah semakin banyak, yaitu:
1.Timbul benjolan pada payudara yang dapat diraba dengan tangan, makin lama benjolan terebut akan makin mengeras dan bentuknya tidak beraturan.
2.Ketika benjolan mulai membesar, barulah menimbulkan rasa sakit (nyeri) saat payudara ditekan karena terbentuk penebalan pada kulit payudara.
3. Bentuk, ukuran, atau berat salah satu payudara berubah kerena terjadi pembengkakan.
4. Terjadi pembesaran kelenjar getah bening di ketiak atau timbul benjolan kecil dibawah ketiak.
5. Bentuk atau arah putting akan berubah, misalnya puting susu tertarik ke dalam dan yang tadinya berwarna merah muda dan akhirnya menjadi kecoklatan.
6. Keluar darah, nanah, atau cairan encer dari puting susu pada wanita yang sedang tidak hamil. Eksim pada puting susu dan sekitarnya sudah lama tidak sembuh walau sudah diobati.
7. Luka pada payudara sudah lama tidak sembuh walau sudah diobati
seperti pada gambar di bawah ini :
8. Kulit payudara mengerut seperti kulit jeruk akibat dari neoplasma menyekat drainase limfatik sehingga terjadi edema dan pitting kulit.

       Pada pria, gejala kanker payudara sama seperti pada wanita, mulanya hanya benjolan. Umumnya benjolan hanya dialami pada salah satu payudara, dan jika diraba terasa keras dan menggerenjal. Ketika kanker sudah lanjut, ada perubahan pada puting pada daerah puting. Kulit puting akan bertambah merah, mengerut, tertarik kedalam, atau mengeluarkan cairan.
       Semakin cepat kanker diketahui maka kesempatan pengobatan akan lebih efektif dan proses penyembuhan kanker lebih cepat.

1 Response to "Gejala Kanker Payudara (Periksa Sejak Dini Gejala Kanker Payudara)"

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda, Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Kedokteran yang bisa anda kunjungi disini

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel