Bentuk Sel Bakteri dan Ukuran Bakteri



      Bila kita mendengarkan kata “bakteri” tentu kita berpikir merupakan sesuatu yang menyebabkan penyakit. Pikiran yang demikian ini tidak sepenuhnya benar karena dari sekian banyak bakteri hanya 1% saja yang bersifat patogen (penyebab penyakit), sedangkan 90% sangat bermanfaat. Apa sebenarnya bakteri itu?
       Bakteri merupakan kelompok makhluk hidup yang berukuran sangat kecil, yaitu bersel tunggal sehingga untuk melihatnya harus menggunakan bantuan mikroskop. Bakteri termasuk golongan mikroba (jasad renik). Penyebaran kehidupan bakteri di alam sangat luas yang dapat ditemukan di dala tanah, air, udara, bahkan dapat dijumpai pada organisme, baik yang masih hidup maupun yang telah mati.
Antonie Van Leuwenhook (1632 –1723) adalah seorang berkebangsaan Belanda, yang pertama kali berhasil melihat makhluk-makhluk kecil yang dinamakan animalkulus yang saat ini dikenal sebagai bakteri. Istilah bakteri berasal dari kata bakterion yang artinya batang kecil. Karena jasa beliau, maka sekarang ini kita dapat mempelajari lebih mendalam tentang bakteri.
Bentuk dan Ukuran Bakteri
       Bakteri merupakan makhluk yang mempunyai sel prokariot, yaitu selnya belum mempunyai membran inti. Dia bersel tunggal dan umumnya tidak mempunyai klorofil sehingga bersifat heterotrof, ada yang bersifat saprofit atau parasit, yaitu tidak bisa membuat makanan sendiri. Ada pula bakteri yang bersifat autotrof karena memiliki klorofil sehingga dapat membuat makanan sendiri, misalnya bakteri hijau dan bakteri ungu. Untuk mendapatkan energi, bakteri harus melakukan respirasi (pernapasan). Ada bakteri yang membutuhkan oksigen bebas di udara, sering disebut bakteri aerobik, misalnya Nitrosomonas yang mampu memecahkan gula menjadi air, CO2, dan energi.
         Adapun bakteri yang tidak memerlukan oksigen bebas, misalnya bakteri asam susu. bentuk bakteri beraneka ragam, ada yang berbentuk bola atau peluru (kokus), seperti batang (bacillus), bengkok seperti koma/sekrup (vibrio), dan spiral (heliks). Sel-sel tersebut biasanya berkoloni/berkelompok dan mengalami perubahan bentuk, contohnya:
a. diplokokus, yaitu bakteri kokus berkelompok dua-dua;
b. streptokokus, selnya berbaris berantai;
c. stapilokokus, berkelompok seperti anggur;
d. sarcina, berbentuk bulat seperti kubus berkelompok delapan.
Adapun contoh bakteri yang berbentuk batang adalah:
a. diplobasil, berbentuk batang bergandengan dua-dua,
b. streptobasil, membentuk rantai memanjang.
       Bentuk bakteri sering digunakan sebagai salah satu dasar untuk identifikasi bakteri. Karena ukuran bakteri sangat kecil, yaitu hanya beberapa mikron (µ) yang setara dengan 0,001 mm dari yang terkecil kira-kira 1/10 µ – 100 µ maka untuk melihatnya harus menggunakan alat bantu mikroskop.

Untuk mengetahui bentuk bakteri yang sebenarnya, lakukan Kegiatan berikut!
Tujuan                : Mengetahui bentuk bakteri
Alat dan Bahan :
1. Mikroskop                                    5. Kapas
2. Kaca objek dan penutup objek     6. Alkohol
3. Jarum inokulasi                            7. Nasi basi
4. Pembakar spirtus                          8. Kentang busuk
9. Metilen blue atau tinta cina          12. Kotoran gigi
10. Charta sel bakteri                        13. Pipet
11. Tusuk gigi
Cara Kerja :
1. Siapkan nasi basi, kentang busuk, dan kotoran yang berasal dari gigi, kemudian siapkan juga 3 gelas objek dan penutupnya, lalu bersihkan dengan alkohol menggunakan kapas.
2. Sterilkan jarum inokulasi dengan memanaskannya di atas pembakar spirtus.
3. Ambillah kotoran gigi dengan tusuk gigi, serta kentang busuk dan nasi basi dengan menggunakan jarum inokulasi yang steril.
4. Oleskan secara merata di atas kaca preparat yang sebelumnya telah ditetesi air kemudian ratakan bahan itu setipis-tipisnya, lalu keringkan di atas nyala api spirtus.
5. Teteskan metilen blue atau tinta cina, keringkan selama sekitar 2 menit.
6. Cucilah dengan air agar pewarna tersebut hilang.
7. Keringkan dengan cara diangin-anginkan.
8. Amatilah di bawah mikroskop, mulai dari perbesaran lemah sampai perbesaran kuat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bentuk Sel Bakteri dan Ukuran Bakteri"

Posting Komentar