Enzim Pada Lambung (Pepsin, Renin, Lipase) | Fungsi Enzim Lambung



       Lambung (ventrikulus) merupakan sebuah kantung berotot menggelembung, dengan
dinding otot yang tebal dan mampu mengembang dengan baik. Letaknya berada di bawah sekat rongga dada, di sebelah kiri rongga perut, dan sebagian tertutup oleh hati.
       Lambung merupakan suatu organ yang berupa kantong berotot yang terletak di sebelah kiri atas rongga perut di bawah diafragma. Bagian-bagian dari lambung adalah kardiak, fundus, dan pilorus. Kardiak adalah bagian yang berbatasan dengan sfinkter esofagus. Fundus adalah bagian atas lambung. Pilorus adalah bagian paling bawah lambung yang berbatasan dengan usus halus (duodenum). Pada perbatasan ini terdapat klep yang disebut dengan
sfinkter pilorus. Di dalam lambung makanan dapat tersimpan selama 2 – 5 jam. Kecepatan pengosongan lambung tergantung pada jenis makanan.

Enzim-Enzim Pada Lambung:
1.Enzim Pepsin, enzim yang memecah protein menjadi asam amino (albumin dan peptin).
2.Enzim Renin, enzim yang mengubah kaseinogen menjadi kasein.
3.Enzim Lipase, enzim yang menghidrolisa lemak menjadi asam lemak dan gliserol.

       Lambung tersusun atas tiga bagian. Bagian atas lambung dekat hati terdapat kardia, bagian tengah yang berbentuk kantung dinama kan fundus, dan bagian bawah dekat usus terdapat pilorus.  Pada bagian kardia, terdapat sebuah lubang yang tersusun dari otot sfi ngter kardia dengan bentuk melingkar. Peran otot ini seperti klep yang akan membuka bila adanmakanan memasuki lambung dan segera menutup setelahnya. Ini dilakukan supaya makanan tidak kembali lagi ke kerongkongan.
       Selain secara kimiawi, makanan juga dicerna secara mekanik oleh dinding lambung. Ini terjadi karena dinding lambung tersusun dari otot-otot yang selalu mengalami fase kontraksi dan istirahat. Otot-otot tersebut meliputi 3 otot yang tersusun secara memanjang pada bagian luar, melingkar pada bagian tengah, dan miring pada bagian dalam. Kontraksi ketiga otot tersebut menimbulkan gerak peristaltik. Akibat gerak ini, makanan teraduk dan tercampur dengan getah lambung sehingga menjadi bubur yang disebut kim. Selanjutnya, makanan menuju sfi ngter pilorus. HCL memengaruhi sfi ngter pilorus membuka dan selanjutnya makanan masuk menuju bagian pilorus. Oleh gerak peristaltik juga, makanan sedikit demi sedikit akan memasuki usus halus. Kira-kira makanan tersimpan di dalam lambung ini selama kurang lebih 5-6 jam. Setelah itu, lambung kosong kembali.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Enzim Pada Lambung (Pepsin, Renin, Lipase) | Fungsi Enzim Lambung "

Posting Komentar