Kelenjar Getah Bening / Limfa (Peredaran Getah Bening / Limfa)



       Pada mamalia dan manusia, selain peredaran darah, terdapat pula peredaran limfa atau getah bening. Cairan limfa tidak mengandung eritrosit dan trombosit, tetapi banyak mengandung sel darah putih, yaitu limfosit. Limfa berperan dalam mengangkut sisa metabolisme, lemak dari usus, dan menghancurkan kuman. Peredaran limfa tidak selalu melalui pembuluh sehingga disebut peredaran terbuka.

       Sistem limfatis terdiri atas cairan limfa atau cairan getah bening, pembuluh limfa, dan kelenjar limfa. Berbeda dengan sistem peredaran darah yang bersifat tertutup, sistem peredaran getah bening bersifat terbuka. Sistem limfatis berperan pada pengangkutan lemak dan melumpuhkan kuman penyakit.
      Cairan limfa berasal dari plasma darah yang keluar dari dinding kapiler mengisi ruang-ruang antarsel sebagai cairan jaringan. Walaupun demikian, cairan ini berbeda dengan plasma darah karena ada penambahan dan pengambilan zat-zat oleh sel.
Cairan limfa yang berasal dari jaringan di daerah kepala, leher, dada bagian kanan, dan lengan kanan masuk ke dalam pembuluh limfa yang kecil lalu berkumpul pada pembuluh yang lebih besar, yaitu pembuluh limfa kanan (duktus limfatikus delister). Pembuluh limfa kanan bermuara pada vena subklavia kanan. Sementara itu limfa yang berasal dari bagian tubuh lainnya berkumpul ke dalam pembuluh limfa dada (duktus torasikus) yang bermuara pada vena subklavia kiri. Asam lemak yang diserap usus diangkut oleh pembuluh kil (pembuluh limfa usus) bermuara pada pembuluh limfa dada.
Peredaran Limfa:
                                         (Gambar Peredaran Getah Bening / Limfa)
       Peredaran limfa dimulai dari jaringan dan berakhir pada pembuluh balik di bawah selangka. Cairan limfa berasal dari plasma darah dalam kapiler darah yang keluar menuju jaringan tubuh. Kemudian, cairan limfa ini masuk ke dalam dua macam pembuluh getah bening, yaitu duktus limfatikus dekster dan duktus toraksikus sinister. Duktus limfatikus dekster ialah pembuluh yang mengalirkan cairan limfa dari kepala, leher, dada, paru-paru, jantung, dan tangan sebelah kanan masuk ke pembuluh balik bawah tulang selangka kanan. Sedangkan, duktus toraksikus sinister ialah pembuluh yang mengalirkan cairan limfa dari kepala, leher, dada, paru-paru, jantung, dan tangan sebelah kiri masuk ke pembuluh balik di bawah tulang selangka kiri.
       Aliran di dalam pembuluh limfa sama halnya dengan aliran darah pada vena, yaitu disebabkan oleh kontraksi dan relaksasi otot-otot yang ada di sekitarnya. Di dalam pembuluh limfa yang besar terdapat juga katup-katup untuk menjaga agar aliran limfe tetap searah. Kelenjar lainnya ditemukan hampir di sepanjang pembuluh limfa. Pada kelenjar limfa terdapat sel-sel yang menghasilkan limfosit.
       Limfosit menghasilkan antibodi untuk membunuh kuman atau bendabenda asing yang berasal dari luar tubuh atau yang sudah berkembang pada jaringan tubuh sehingga cairan limfa yang masuk ke dalam vena sudah tersaring dari kuman dan benda asing lainnya.
Beberapa kelenjar limfa yang besar antara lain terdapat di ketiak, lipatan siku, leher, dan lipatan paha. Jika terjadi infeksi, kelenjar limfa mengalami peradangan serta membengkak yang menimbulkan rasa sakit. Keadaan ini di kenal dengan sekelen (bahasa sunda) atau mlanjer (bahasa Jawa).

Info Menarik:
Pada Tahun 2006 Mahasiswa ITB Temukan Senyawa Penyembuh Leukemia
       Tiga senyawa baru yang selama ini sama sekali belum ditemukan oleh pakar manapun di dunia, berhasil ditemukan oleh mahasiswa Program Studi Kimia FMIPA Pasca Sarjana-S3. ITB, Dr. Sahidin Sutriadi, MSi. Tiga senyawa yang ditemukkan diberi nama diptoindonesin D, diptoindonesin G, dan hopeafenol.
       Senyawa tersebut, ditemukan pada tumbuh-tumbuhan merawan atau hopea yang sejenis dengan pohon meranti. Berdasarkan penelitian, senyawa tersebut dapat membunuh sel tumor leukemia lebih dari 50%, karena senyawa diptoindonesin G tergolong sangat aktif dan diptoindonesin D tergolong aktif.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kelenjar Getah Bening / Limfa (Peredaran Getah Bening / Limfa)"

Posting Komentar