Fungsi Xilem | Jaringan Xilem Tumbuhan



       Xilem (Pembuluh Kayu) memiliki dua fungsi utama, yaitu penyokong dan pengangkut air dan garam garam tanah dari akar menuju ke bagian atas tumbuhan. Xilem tersusun oleh 4 macam sel, yaitu trakeid, trakea, parenkim, dan serabut (serat). Trakeid terbentuk dari sel tunggal yang panjang dengan penebalan lignin pada dinding sel dan ujung-ujungnya lancip. Sel dewasa mati dengan lumen yang kosong. Berkas pembuluh xilem (pembuluh kayu) terdiri atas buluh kayu, trakeid dan serabut xilem. Buluh kayu adalah sel mati yang bentuknya memanjang berupa saluran. Saluran yang satu dengan saluran yang lain saling menyambung. Saluran ini berfungsi untuk mengangkut air dan garam mineral dari akar ke seluruh tubuh tanaman.
       Trakeid merupakan komponen penyusun berkas pembuluh xilem yang tersusun atas sel-sel berbentuk lancip dan panjang dengan dinding sel yang berlubang-lubang. Dinding trakeid memiliki pori untuk meneruskan air dan mineral ke sel di sekitarnya. Serabut kayu atau serabut xilem berbentuk panjang dengan ujung-ujungnya saling berhimpit. Serabut xilem ukurannya lebih kecil dan lebih lancip daripada trakeid.Trakeid merupakan sel pengangkut air yang primitif dari tumbuhan berpembuluh. Walaupun demikian, gimnospermae yang kebanyakan berupa pohon, menggunakan trakeid untuk mengalirkan air dari akar. Air mengalir melalui lubang-lubang pada dinding sel yang dilengkapi dengan membran, dari trakeid yang satu ke trakeid yang lain. Sel trakeid dan trakea dapat dilihat pada Gambar berikut:
        Trakea (pembuluh) merupakan pembuluh yang sangat panjang, berasal dari beberapa sel yang berderet memanjang dan batas antarsel (dinding ujung sel) melebur. Seperti pada trakeid, substansi yang hidup hilang (mati). Terbentuklah pembuluh yang membentang sepanjang batang. Pembuluh semacam ini hanya terdapat pada angiospermae. Parenkim xilem terdiri atas sel-sel hidup yang berdinding tipis. Sel-sel tersebut mengandung berbagai zat seperti lemak atau amilum. Oleh karena itu, parenkim xilem berfungsi pula untuk menimbun cadangan makanan. Serabut xilem berasal dari trakeid, tetapi lebih pendek, sempit, dinding lebih tebal, dinding selnya mempunyai noktah (lubang). Serabut dan trakeid saling melekat sehingga sulit dipisahkan.
         Fungsi xilem sebagai tempat pengangkutan air dan zat-zat mineral dari akar ke bagian daun. Susunan xilem ini merupakan suatu jaringan pengangkut yang kompleks, terdiri atas berbagai bentuk sel. Selain itu, sel-selnya ternyata ada yang telah mati dan ada pula yang masih hidup, tetapi pada umumnya sel-sel penyusun xilem telah mati dengan membran selnya yang tebal dan mengandung lignin sehingga fungsi xilem juga sebagai jaringan penguat.
Unsur-unsur utama xilem adalah sebagai berikut.
a. Trakeid
       Susunan sel trakeid terdiri atas sel-sel yang sempit, dalam hal ini penebalan-penebalan pada dindingnya ternyata berlangsung lebih tebal jika dibandingkan dengan yang telah terjadi pada trakea. Sel-sel trakeid itu kebanyakan mengalami penebalan sekunder, lumen selnya tidak mengandung protoplas lagi. Dinding sel sering bernoktah. Trakeid memiliki dua fungsi, yaitu sebagai unsur penopang dan penghantar air.
b. Trakea (Komponen Pembuluh)
       Trakea terdiri atas sel-sel silinder yang setelah dewasa akan mati dan ujungnya saling bersatu membentuk sebuah tabung penghantar air bersel banyak yang disebut pembuluh. Dindingnya berlubang-lubang tempat lewat air dengan bebas dari satu sel ke sel lain sehingga berbentuk suatu tabung yang strukturnya mirip sebuah talang. Kekhususan pada trakea antara lain, ukurannya lebih besar daripada sel-sel trakeid dan membentuk untaian selsel longitudinal yang panjang, penebalan-penebalannya terdiri atas zat lignin yang tipis dibandingkan trakeid.
c. Parenkim Xilem
       Parenkim xilem biasanya tersusun dari sel-sel yang masih hidup. Dapat dijumpai pada xilem primer dan sekunder. Pada xilem sekunder dijumpai dua macam parenkim, yaitu parenkim kayu dan parenkim jari-jari empulur. Parenkim kayu sel-selya dibentuk oleh sel-sel pembentuk fusi unsur-unsur trakea yang sering mengalami penebalan sekunder pada dindingnya.
       Parenkim jari-jari empulur tersusun dari sel-sel yang pada umumnya mempunyai dua bentuk dasar, yakni yang bersumbu panjang ke arah radial dan sel-sel bersumbu panjang ke arah vertikal. Sel-sel parenkim xilem berfungsi sebagai tempat cadangan makanan berupa zat tepung. Zat tepung biasanya tertimbun sampai pada saat-saat giatnya pertumbuhan kemudian berkurang bersamaan dengan kegiatan kambium.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fungsi Xilem | Jaringan Xilem Tumbuhan"

Posting Komentar