Kolateral Terbuka, Kolateral Tertutup, Konsentris, & Radial | Berkas Pengangkut Berdasarkan Letak Xilem Floem

Berdasarkan letak xilem dan floemnya, berkas pengangkut dibedakan menjadi tiga tipe dasar, yaitu sebagai berikut.
a) Kolateral
       Pada batang dikotil kacang tanah merupakan tipe kolateral terbuka, sedangkan pada batang monokotil jagung merupakan tipe kolateral tertutup. Jadi bagaimana tipe kolateral itu?
Tipe kolateral terjadi pada berkas pengangkut di mana letak xilem dan floem berdampingan. Floem berada di bagian luar. 
Tipe kolateral dibedakan menjadi tiga.
1) Kolateral Tertutup
       Tipe kolateral tertutup terbentuk bila antara xilem dan floem tidak terdapat kambium, melainkan terdapat parenkim. Berkas pengangkut tipe kolateral tertutup ini kadang dikelilingi jaringan sklerenkim yang sering disebut sebagai seludang berkas pengangkut. Berkas pengangkut tipe kolateral tertutup ini dapat dijumpai pada tumbuhan golongan Monokotil.
2) Kolateral Terbuka
       Pada tipe ini antara xilem dan floem terdapat kambium, misalnya pada tumbuhan dikotil dan Gymnospermae. Pada tipe kolateral terbuka, kambium merupakan penghubung antara xilem dan floem. Berdasarkan letaknya pada tipe ini, kambium dibedakan menjadi dua yaitu kambium fasikuler, bila kambiumnya terletak dalam berkas pengangkut dan kambium interfasikuler bila kambiumnya terletak di luar berkas pengangkut. Kambium fasikuler berperan dalam pembentukan floem ke arah luar dan xilem ke arah dalam.
3) Bikolateral
       Bila xilem terdapat di antara dua xilem dan floem maka disebut bikolateral. Di antara floem bagian luar dan xilem terdapat kambium, sedangkan antara xilem dan floem bagian dalam tidak terdapat kambium. Contohnya, pada tumbuhan Solanaceae.
Untuk memahami perbedaan struktur tipe kolateral dapat Anda perhatikan gambar dibawah ini:

b) Konsentris
Pada tipe konsentris letak xilem dikelilingi floem atau sebaliknya.
      Disebut tipe konsentris, yaitu bila jaringan pengangkut yang ada terletak di tengah-tengah, sedangkan unsur jaringan pengangkut lainnya mengelilingi unsur yang berada di tengah itu. 
Tipe konsentris dibedakan menjadi dua.
1) Konsentris amphikribral
       Pada tipe ini letak xilem berada di tengah-tengah, dan floem mengelilingi xilem tersebut. Umumnya dijumpai pada tumbuhan golongan paku-pakuan (Pteridophyta).
2) Konsentris amphivasal
      Pada tipe ini letak amphivasal floem berada di tengah-tengah, sedangkan xilem mengelilingi floem tersebut. Contohnya pada Cirdyline sp. dan rhizoma Acorus calamus.
Untuk memahami perbedaan struktur tipe konsentris, perhatikan gambar berikut:


c) Radial
Tipe radial terjadi bila xilem dan floem bergantian menurut arah jari-jari lingkaran.
Contoh terdapat pada akar primer dikotil dan akar tumbuhan monokotil. Untuk memahami struktur tipe radial ini dapat Anda perhatikan pada gambar dibawah ini:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kolateral Terbuka, Kolateral Tertutup, Konsentris, & Radial | Berkas Pengangkut Berdasarkan Letak Xilem Floem"

Posting Komentar