Transplantasi Organ | Contoh & Pengertian Transplantasi Organ

Pada bahasan sebelumnya, kalian telah mempelajari organ dan sistem organ. Antara organ satu dengan yang lainnya saling berhubungan, tidak berdiri sendiri. Andaikan salah satu organ rusak,
organ yang lainnya akan terganggu. Karena itu, organ yang rusak tersebut ada kemungkinan dapat diganti. Salah satu teknologi yang digunakan adalah tranplantasi organ.
Transplantasi organ adalah penggantian suatu organ yang rusak atau terganggu dengan organ yang sama yang berasal dari tubuh orang itu sendiri atau berasal dari orang lain.
      Dalam bidang medis, organ yang ditranplantasikan misalnya kulit, ginjal, jantung, dan pembuluh darah. Organ-organ ini diperoleh dari donor untuk selanjutnya dipindahkan ke resipien/penerima.
Misalnya saja organ yang ditranplantasikan yakni jantung atau ginjal. Agar tidak menyebabkan infeksi oleh benda asing, maka tranplantasi organ seperti ini harus memenuhi persyaratan-persyaratan tertentu. Sehingga organ yang ditranplantasikan tidak dianggap sebagai benda asing oleh tubuh penerima (resipien).
       Tranplantasi organ, contohnya kulit dan pembuluh darah, akan aman dilakukan bila organ yang ditranplantasikan berasal dari tubuh sendiri. Sebagai contoh, penggantian kulit wajah yang rusak, diambilkan dari kulit punggung atau wajah.
Kemudian, untuk mengganti pembuluh darah dekat jantung, dapat diambilkan dari pembuluh darah pada lengan atau kaki. Setelah tranplantasi dilakukan, kulit wajah yang tersisa dapat menyatu dengan kulit punggung atau kulit wajah. Artinya jaringan baru akan tumbuh pada bagian yang terluka.
      Saat tranplantasi, para dokter berupaya untuk memeroleh organ yang memiliki sistem imun. Kemudian organ tersebut juga harus identik dengan resipien. Hal ini diperoleh jika organ berasal dari tubuh pasien sendiri. Selain itu, perlu dikembangkan upaya “penumbuhan” organ (jantung atau ginjal) yang berasal dari sel tubuh penderita.
      Upaya ini merupakan teknik pengklonan sel menjadi organ. Terus, bagaimana dengan kulit yang ditranplantasikan berasal dari orang lain? Andaikan kulit berasal dari orang lain, ada kemungkinan
pembuluh darah menyusup ke jaringan baru atau terjadi peristiwa vaskularisasi. Akibatnya, tubuh akan memberikan reaksi dengan memproduksi banyak sel limfosit. Selain itu, makrofaga akan masuk ke dalam jaringan yang ditranplantasikan. Namun, hal ini tidak terjadi, bila organ yang ditranplantasikan berasal dari dua bersaudara yang kembar siam.
       Operasi bedah wajah total (face off ) adalah salah satu teknik transplantasi organ yang pernah dilakukan di Indonesia. Penyebabnya, antara lain karena adanya kulit wajah pasien yang rusak akibat tersiram air keras. Karena itu, organ kulit wajah dan pembuluh darah harus dioperasi.
Kulit dan pembuluh darah yang ditranplantasikan pada kondisi ini dapat diambil dari kulit punggung dan paha pasien itu sendiri.
       Sekedar contoh, kita mungkin pernah mendengar operasi face off yang dilakukan salah seorang bernama Yanti (bukan nama pasien sebenarnya). Operasi ini dilakukan tanggal 29 Maret 2006 oleh tim dokter RSU dr. Sutomo, Surabaya. Pada operasi tersebut, dilakukan beberapa tahapan, antara lain, operasi menyayat tubuh bagian kanan, seperti wajah kanan, paha kanan, dan punggung kanan. Kemudian operasi tubuh bagian kiri, seperti wajah kiri, punggung kiri, dan paha kiri, dan pemotongan pembuluh darah. Lima hari pasca operasi, jaringan kulit wajah sudah kembali sedia kala. Alhasil, Yanti dapat memiliki organ tubuh lengkap meski tingkat kesempurnaannya berbeda. Nah, melalui uraian di atas, kalian selayaknya mengetahui bahasan maksud tranplantasi organ. Dengan demikian nyatalah bahwa Tuhan Yang Maha Esa akan melindungi hamba-Nya yang mau berusaha.

Info menarik seputar tranplantasi:
      Seorang pakar dari Jerman berhasil melakukan rekontruksi wajah gadis Tiongkok.
Pasien tersebut kehilangan hidung dan sebagian wajahnya rusak. Tim dokter membuatkan hidung baru dan kulit wajah baru dari jaringan di bagian perut pasien itu sendiri. Setahun sebelumnya tim dokter rumah sakit yang sama mengoperasi wajah seorang perempuan dengan mendapat donor wajah dari wanita lain. Jawa Pos, 29 Maret 2006.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Transplantasi Organ | Contoh & Pengertian Transplantasi Organ"

Posting Komentar