Ekosistem Buatan (Bendungan/Waduk, Hutan Tanaman, dan Agroekosistem)

Ekosistem buatan adalah ekosistem yang dengan sengaja dibuat sesuai kebutuhan manusia seperti pembuatan danau/waduk/bendungan, hutan tanaman, agroekosistem, dan sebagainya. Beberapa contoh ekosistem buatan sebagai berikut.
a. Bendungan/Waduk
      Ekosistem buatan yang pertama adalah waduk, adakah waduk/bendungan di daerah tempat tinggal Anda? Tujuan dibangunnya waduk/bendungan, yaitu sebagai tempat penampungan air untuk memenuhi kebutuhan manusia seperti pengairan/irigasi pertanian, pembangkit tenaga listrik, tempat rekreasi, dan sarana olahraga. Selain itu, waduk merupakan ekosistem baru dengan substrat dasar biasanya berasal dari kebun atau sawah maupun hutan dengan sifat geologi yang berbedabeda. Pada umumnya, komunitas biotik dari ekosistem ini terbentuk masih dalam fase suksesi dengan umur yang berbeda-beda seperti pada mulanya berbagai macam ikan ditebarkan kemudian banyak tumbuhan pendatang tumbuh, misalnya kiambang dan enceng gondok yang menutupi permukaan dan menjadi dominan di waduk itu.


b. Hutan Tanaman
      Ekosistem buatan yang kedua adalah hutan tanaman yang merupakan vegetasi yang terdiri atas tanaman budidaya bernilai tinggi yang dengan sengaja ditanam pada kawasan tertentu. Biasanya jenis tanaman yang dibudidayakan bernilai tinggi, seperti tanaman jati, mahoni, pinus, damar rasamala, ampupu, manglit, dan puspa. Coba, carilah informasi dari berbagai sumber tentang manfaat/kegunaan dari beberapa tanaman itu.

c. Agroekosistem
      Agroekosistem merupakan ekosistem yang dengan sengaja dibuat untuk keperluan pertanian. Keanekaragaman ekosistem ini dipengaruhi oleh faktor jenis tanah, topografi, iklim, dan budaya. Agroekosistem yang dikembangkan di Indonesia pada saat ini antara lain:
1) sawah irigasi,                 7) kolam,
2) sawah tadah hujan,        8) kebun,
3) sawah surjan,                 9) pekarangan,
4) sawah rawa,                 10) perkebunan,
5) sawah pasang surut,     11) ladang.
6) tambak,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ekosistem Buatan (Bendungan/Waduk, Hutan Tanaman, dan Agroekosistem)"

Posting Komentar