Bagian-Bagian Matahari dan Energi Matahari (Inti, Fotosfer, Kromosfer, Korona)

Bagian-Bagian Matahari
      Matahari adalah bola gas pijar yang sangat panas. Matahari terdiri atas empat bagian lapisan, yaitu inti matahari, fotosfer, kromosfer, dan korona.
a. Inti Matahari
      Bagian dalam dari matahari, yaitu inti matahari. Pada bagian ini terjadi reaksi fusi sebagai sumber energi matahari. Suhu pada inti matahari dapat mencapai 1,5 sampai 107 derajat C. Energi yang dihasilkan dari reaksi fusi akan dirambatkan sampai pada lapisan yang paling luar, yang kemudian akan terealisasi ke angkasa luar.


b. Fotosfer
      Fotosfer adalah bagian permukaan matahari. Lapisan bagian ini mengeluarkan cahaya sehingga mampu memberikan penerangan sehari-hari. Suhu pada lapisan ini mampu mencapai lebih kurang 16.000 derajat C dan mempunyai ketebalan sekitar 500 km.
c. Kromosfer
      Kromosfer adalah bagian lapisan di atas fotosfer dan bertindak sebagai atmosfer matahari. Kromosfer mempunyai ketebalan 16.000 km dan suhunya mencapai lebih kurang 9.800 derajat C. Kromosfer terlihat berbentuk gelang merah yang mengelilingi bulan pada waktu terjadi gerhana matahari total.
d. Korona
     Korona adalah bagian lapisan luar atmosfer matahari. Suhu korona mampu mencapai lebih kurang 1.000.000 derajat C. Warnanya keabuabuan yang dihasilkan dari adanya ionisasi pada atom-atom
akibat suhunya yang sangat tinggi. Korona tampak ketika terjadi gerhana matahari total, karena
pada saat itu hampir seluruh cahaya matahari tertutup oleh bulan. Bentuk korona, seperti mahkota dengan warna keabuabuan.

Sumber Energi Matahari
       Sumber energi matahari berasal dari reaksi fusi yang terjadi di dalam inti matahari. Reaksi fusi ini merupakan penggabungan atomatom hidrogen menjadi helium. Reaksi fusi tersebut akan
menghasilkan energi yang sangat besar. Matahari tersusun dari berbagai macam gas antara lain
hidrogen (76%), helium (22%), oksigen dan gas lain (2%). Energi yang dipancarkan matahari sampai ke bumi disebut insolasi. Insolasi akan memberikan energi pada keseluruhan objek yang ada di bumi.
       Matahari dan bintang mempunyai persamaan, yaitu dapat memancarkan cahaya sendiri. Matahari merupakan sebuah bintang yang tampak sangat besar karena letaknya paling dekat dengan bumi. Matahari memancarkan energi yang sangat besar dalam bentuk gelombang elektromagnet. Gelombang elektromagnet tersebut adalah gelombang cahaya tampak, sinar X, sinar gamma, sinar ultraviolet, sinar inframerah, dan gelombang mikro. Semoga bermanfaat :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagian-Bagian Matahari dan Energi Matahari (Inti, Fotosfer, Kromosfer, Korona)"

Posting Komentar