Jamur / Cendawan Penyebab Penyakit Pada Tumbuhan

Sejumlah kerusakan pada tumbuhan disebabkan oleh jamur. Penyakit tumbuhan yang disebabkan oleh jamur cepat menyebar ke seluruh tanaman pertanian karena biasanya spora jamur disebarkan oleh angin. Jamur menginfeksi tumbuhan yang sehat biasanya dalam bentuk spora. Spora yang sudah masuk segera tumbuh dan akan menyerang jaringan xilem, sehingga mempengaruhi proses pengangkutan air dan dapat menyebabkan kematian bagi tumbuhan. Penyakit tepung pada tanaman Cucurbitaceae biasanya disebabkan oleh cendawan Erysiphe cichoracearum. Tanaman yang terserang menampakkan adanya lapisan putih bertepung pada permukaan daun dan batang muda. Selanjutnya daun atau batang tersebut berubah kekuningan dan akhirnya akan mati, perhatikan gambar berikut ini:
jamur cendawan Erysiphe
Akibat serangan cendawan Erysiphe chichoracearum De Cand pada semangka. Cendawan ini selain menyerang tanaman Cucurbitaceae juga mangga dan tembakau.
     Penyakit lain yang disebabkan oleh cendawan adalah busuk akar selain menyerang tanaman jeruk, cendawan Phytophthora juga menyerang kacang tanah.
cendawan Phytophthora menyerang kacang tanah
Penyakit busuk akar pada tanaman kacang tanah.
Untuk tanaman jagung, seringkali petani mengalami kerugian ketika panen akibat serangan jamur selain juga kehadiran ulat.
jamur dan ulat pada jagung
Kerugian petani jagung diakibatkan (a) serangan jamur dan juga (b) ulat.
     Penyakit tanaman dapat dibagi menjadi dua golongan, yaitu penyakit parasit dan penyakit non-parasit atau penyakit fisiologis. Penyebab penyakit parasit yang diantaranya adalah bakteri, virus dan cendawan. Sedangkan penyakit non-parasit yaitu penyakit yang disebabkan oleh kekurangan atau kelebihan terhadap unsur hara (mineral), air, sinar matahari dan temperatur. Tanaman ini juga seperti manusia. Jika kekurangan makanan, tanaman akan kelaparan atau sakit. Pertumbuhan tanaman akan terhambat dan mungkin bisa menjadi kerdil atau mati.
     Kita sudah mengetahui bahwa unsur hara yang diperlukan oleh tanaman terdiri atas 16 unsur hara, yang terdiri atas unsur hara makro dan unsur hara mikro. Coba  kita ingat kembali unsur apa saja yang termasuk hara makro dan yang termasuk hara mikro! Jika tanaman kekurangan salah satu dari unsur hara tersebut akan menyebabkan tanaman sakit. Contohnya jika tanaman kekurangan Mg akan
menyebabkan klorosis pada tanaman yaitu tanaman menjadi pucat karena kekurangan klorofil. Hal tersebut diakibatkan Mg berfungsi dalam pembentukan klorofil. Jika tanaman kekurangan N, tanaman akan menjadi kerdil, daun akan berwarna pucat kuning khususnya daun tua. Daun muda
berwarna pucat juga dan berukuran kecil. Hal ini terjadi karena unsur N diperlukan untuk pembentukan protein termasuk untuk membentuk hormon tanaman. Pada tanaman tomat yang kekurangan unsur Ca buahnya akan mengalami bercak-bercak hitam yang sangat merugikan panen tomat bagi petani. Semoga bermanfaat :)

Related Posts :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jamur / Cendawan Penyebab Penyakit Pada Tumbuhan"

Poskan Komentar