Sifat-Sifat Asam, Basa, dan Garam dan Contohnya

Zat merupakan materi yang susunan unsur-unsurnya tidak berubah-ubah. Ada banyak sekali zat yang ada di bumi ini. Untuk mempermudah dalam mempelajarinya, zat diklasifikasikan berdasarkan kriteria tertentu. Zat meliputi zat murni dan campuran. Zat murni dapat berupa unsur dan senyawa. Sedangkan campuran dapat berupa campuran homogen dan campuran heterogen. Zat juga dapat diklasifi-kasikan berdasarkan derajat keasamannya, yaitu menjadi asam, basa, dan garam.

Sifat-sifat larutan asam adalah sebagai berikut.
  1. Rasanya masam.
  2. Menghantarkan arus listrik.
  3. Jika dilarutkan akan melepaskan ion hidrogen (H+).
  4. Mengubah lakmus biru menjadi merah.
  5. Bersifat korosif terhadap logam.

    Untuk menyelidiki bahwa asam mampu menimbulkan karat (korosi) pada logam, cobalah dengan mencelupkan paku yang terbuat dari besi/baja ke dalam larutan cuka. Jika kamu biarkan, lama kelamaan paku itu akan berkarat. Asam asetat (CH3COOH) yang terdapat dalam cuka tidak terlalu keras, tetapi dalam keadaannya yang sangat pekat asam ini mampu melepuhkan kulit.
Salah satu contoh asam adalah jeruk nipis - sifat-sifat asam
Beberapa contoh zat asam yang banyak sekali berperan di bidang industri adalah asam sulfat (H2SO4) dan asam nitrat (HNO3). Selain itu, di rumah tangga kamu juga mengenal air soda yang merupakan asam karbonat (H2CO3). Di dalam perutmu juga terdapat asam yang disebut asam klorida (HCl). Jumlah asam klorida(HCl) dalam perutmu sedikit, tetapi asam klorida (HCl) ini merupakan asam yang sangat penting dalam proses pencernaan.

Sifat-sifat larutan basa adalah sebagai berikut.
  1. Terasa licin jika terkena kulit.
  2. Menghantarkan arus listrik.
  3. Jika dilarutkan dalam air akan melepaskan ion hidroksida (OH¯).
  4. Mengubah lakmus merah menjadi biru.
  5. Menetralkan larutan asam.

    Basa dapat dibagi atas basa kuat dan basa lemah. Kekuatan basa bergantung pada kemampuan melepaskan ion OH¯ dalam larutan dan konsentrasi larutan basa tersebut. Basa kuat bersifat korosif. Contoh basa kuat adalah natrium hidroksida (NaOH) dan kalium hidroksida (KOH), sedangkan contoh basa lemah adalah amoniak (NH3).
Contoh basa yaitu pasta gigi - sifat-sifat basa
Di antara contoh basa yang ada di alam semesta, basa yang sudah banyak dikenal adalah soda api (NaOH) dan amoniak (NH3).

Garam mempunyai sifat yang berbeda dengan asam dan basa. 
Sifat-sifat larutan garam adalah sebagai berikut.
  1. Menghantarkan arus listrik.
  2. Tidak mengubah warna kertas lakmus merah maupun biru.    

     Adapun garam yang paling dikenal adalah natrium klorida (NaCl) atau garam dapur. Garam ini digunakan secara luas dalam bidang industri ataupun rumah tangga. Garam ini terdapat dalam air laut dan juga di dalam aliran darah kita.

Di antara berbagai zat yang ada di alam semesta ini, asam, basa, dan garam merupakan zat yang paling penting yang diamati oleh para ahli kimia. Asam, basa, dan garam tersebar luas di alam semesta dan banyak digunakan baik di industri maupun rumah tangga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sifat-Sifat Asam, Basa, dan Garam dan Contohnya"

Posting Komentar