Pengertian Penguapan, Faktor, Contoh dan Cara Mempercepat Penguapan

Penguapan adalah perubahan fase atau bentuk zat cair menjadi gas atau peristiwa bergerak keluarnya molekul-molekul dari permukaan zat cair. . Terjadi karena partikel-partikel zat cair yang sudah relatif renggang diberi kalor terus-menerus maka akan semakin menjauhkan jarak antar partikel, lama-kelamaan partikel tersebut akan terlepas dari zat cair tersebut. Partikel yang akan terlepas terlebih dahulu adalah yang berada di permukaan zat cair. Secara singkat dapat dikatakan:
Penguapan adalah keluarnya molekul-molekul zat cair dari permukaan zat.
Pengertian dan contoh penguapan

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penguapan
    Faktor yang menyebabkan penguapan antara lain jumlah atau tinggi suhu kalor, luas permukaan zat, udara disekitar yang bisa menimbulkan dorongan terhadap suhu,  dan juga tekanan permukaan (karena semakin rendah tekanan jarak partikel semakin rendah). Terdapat beberapa zat yang mudah menguap, antara lain : spiritus, bensin, alkohol, dll.
Beberapa cara mempercepat penguapan, yaitu:
1. Menambah kalor
    Dengan menambah kalor maka getaran partikel zat cair akan semakin
besar. Akibatnya partikel itu akan semakin banyak yang terlepas dari
zat cair tersebut.
Contohnya:
  • Air di dalam panci yang dipanaskan secara terus-menerus lama-kelamaan akan habis. karena partikel air akan terlepas secara terusmenerus dari permukaan zat cair tersebut.
  • Pakaian basah jika dijemur saat terik matahari partikel-partikel air yang menempel pada pakaian akan terlepas hingga pakaian kering.

2. Menambah luas permukaan zat cair
    Air dalam wadah terbuka, misalnya panci yang berhubungan secara langsung dengan udara luar adalah permukaannya maka dengan memperluas permukaan partikel-partikel air yang terlepas semakin banyak.
Contoh:
  • Apabila ingin segera minum kopi yang terlalu panas yang dilakukan adalah menuangkan kopi panas tersebut ke cawan yang luas permukannya. Akibatnya lebih banyak partikel yang terlepas maka kopi lebih cepat dingin.
  • Air yang tumpah dilantai akan lebih cepat mengering dibandingkan jika masih di dalam gelas. Hal tersebut diakibatkan luas permukaan jauh lebih besar dibanding jika berada di dalam gelas.

3. Meniupkan udara pada permuakaan zat cair
    Partikel zat cair yang siap meninggalkan permukaan akan lebih cepat meninggalkan zat cair apabila “didorong” dengan tiupan.
Contoh:
  • Air panas di dalam cangkir akan lebih cepat dingin apabila ditiup pada bagian permukaannya.
  • Menjemur pakaian akan cepat kering apabila diletakkan pada tempat yang berangin cukup kencang.

4. Mengurangi tekanan udara pada permukaan zat cair
    Benda yang diberi gaya tekan maka partikel-partikelnya akan memampat atau semakin berdekatan. Sebaliknya apabila tekanannya dikurangi maka jarak antar partikelnya akan semakin renggang. Pada permukaan cair yang tekanannya dikurangi mengakibatkan jarak antar partikel cair di permukaan semakin jauh. Akibatnya adalah partikel airnya lebih mudah terlepas dari air.

Beberapa contoh peristiwa penguapan, antara lain:

  1. Merebus air 100C.
  2. Menjemur pakaian basah menjadi kering.
  3. Penguapan gas freon dalam lemari es.
  4. Alkohol ataupun spiritus yang diteteskan pada kulit tangan dapat menguap.

Baca juga: Hukum Kekekalan Energi / Asas Black pada kalor 😊



  • Zat apa sajakah yang mudah menguap?

Beberapa zat yang mudah menguap, misalnya bensin dan spiritus.

  • Apakah yang terjadi jika bensin kita teteskan pada kulit?

Ternyata bensin akan menguap dan kulit kita terasa dingin. Pada peristiwa ini kalor yang diperlukan untuk menguap diambil dari kulit tangan, sehingga suhu turun dan kulit tangan kita terasa dingin.
Pemanfaatan proses penguapan pada freon lemari es - kulkas
    Proses penguapan yang mengambil kalor di sekitarnya, seperti bensin tadi digunakan dalam prinsip kerja lemari es dan pendingin ruangan (Air Conditioner). Zat cair yang digunakan pada lemari es adalah freon, yaitu zat cair yang mudah menguap, cairan freon dipompa menuju ruangan lemari es melalui pipa. Setelah itu, cairan freon diuapkan dalam ruang pembeku pada tekanan rendah. Untuk menguapkan diperlukan kalor dan kalornya diambil dari ruangan lemari es, sehingga ruangan bagian dalam lemari es menjadi dingin atau suhunya turun.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Penguapan, Faktor, Contoh dan Cara Mempercepat Penguapan"

Posting Komentar