22 Jenis Kanker Dilihat dari Jenis dan Organ Yang Dijangkiti


    Kanker  adalah pertumbuhan atau penonjola yang tidak wajar yang dapat terjadi pada setiap anggota tubuh. Setiap dari pertumbuhan /penonjolan yang keras, tidak sakit dan tumbuh perlahan-lahan pada salah satu bagian tubuh.
atau
    Kanker adalah pertumbuhan dari sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal, sel-sel tersebut berkembang dengan cepat, tidak terkendali, dan akan terus membelah diri, yang selanjutnya menyusup ke jaringan sekitar (invasive) dan terus menyebar melalui jaringan ikat, darah, dan menyerang organ organ penting serta syaraf tulang belakang. Sel-sel yang berkembang ini akan menumpuk, mendesak dan merusak jaringan dan organ yang ditempati. Penumpukan sel baru inilah
yang disebut tumor ganas atau kanker.
    Kanker dapat terjadi disemua bagian tubuh dari otak hingga kaki, kanker yang paling mudah dikenali adalah yang terjadi dipermukaan tubuh, sedangkan yang terjadi didalam tubuh biasanya akan diketahui setelah kanker itu sudah mulai melemahkan tubuh, penyakit ini sangat berbahaya dan sering sekali harus dilakukan operasi untuk pengobatannya.
Jenis-Jenis Kanker
1. Karsinoma
    Kanker ini berasal dari sel yang melapisi permukaan tubuh atau permukaan saluran tubuh.
Contohnya adalah jaringan seperti sel kulit, testis, ovarium, kelenjar mucus, sel melanin, payudara, leher rahim, kolon, rectum, lambung, pancreas, dan esofagus.
2. Limfoma
    Kanker ini berasal dari jaringan yang membentuk darah.
Contohnya adalah jaringan limfe, lacteal, limfa, berbagai kelenjar limfe, timus, dan sumsum tulang. Limfoma yang secara spesifik antara lain adalah penyakit Hodgkin (kanker kelenjar limfe dan limfa).
3. Leukemia
    Kanker ini tidak membentuk massa tumor, tetapi memenuhi pembuluh darah dan mengganggu fungsi sel darah normal.
4. Sarkoma
    Kanker yang tempat jaringan penunjang yang berada dipermukaan tubuh seperti jaringan ikat, termasuk sel - sel yang ditemukan diotot dan tulang.
5. Glioma
    Kanker susunan syaraf.
Contohnya adalah sel-sel glia (jaringan penunjang) di susunan saraf pusat.
6. Karsinoma in situ
    Adalah istilah kanker yang digunakan untuk menjelaskan sel epitel abnormal yang masih terbatas di daerah tertentu sehingga masih dianggap lesi prainvasif (kelainan/luka yang belum memyebar).
Jenis-Jenis Kanker Menurut Organ yang Jangkiti:
1. Kanker Otak
    Ciri dari kanker otak adalah sakit kepala yang sangat pada pagi hari dan berkurang pada tengah hari, epilepsi, lemah, mati rasa pada lengan dan kaki, kesulitan berjalan, mengantuk, perubahan tidak normal pada penglihatan, perubahan pada kepribadian, perubahan pada ingatan, sulit bicara.
2. Kanker mulut
    Adanya sakit sariawan pada mulut, lidah dan gusi yang tidak kunjung sembuh.
3. Kanker Tenggorokan
    Yaitu batuk yang  terjadi terus menerus, suara serak atau parau.
4. Kanker Paru-paru
     Yaitu batuk terus - menerus, dahak bercampur darah, rasa sakit di dada.
5. Kanker Payudara
    Ciri terjadinya kanker payudara yaitu adanya benjolan, penebalan kulit (tickening), perubahan bentuk, gatal - gatal, kemerahan, rasa sakit yang tidak berhubungan dengan menyusui atau menstruasi.
6. Kanker saluran pencernaan
    Terdapat darah dalam kotoran yang ditandai dengan warna merah terang atau hitam, rasa tidak enak terus - menerus pada perut, benjolan pada perut, rasa sakit setelah makan, penurunan berat badan.
7. Kanker Rahim (uterus)
    Yaitu pendarahan diperiode - periode datang bulan, pengeluaran darah saat mens yang tidak seperti biasanya dan rasa sakit yang luar biasa.
8. Kanker Indung Telur (ovarium)
    Kanker yang terjadi pada fase lanjut barulah muncul gejala.
9. Kanker Kolon
    Yaitu pendarahan pada rectum, ada darah pada kotoran, perubahan buang air besar (diare yang terus menerus atau sulit buang air besar).
10. Kanker Kandung Kemih atau Ginjal
      Yaitu terdapat darah pada air seni, rasa sakit atau perih pada saat buang air kecil, keseringan
atau kesulitan buang air kecil, sakit pada kandung kemih.
11. Kanker prostat
      Terjadinya kencing yang tidak lancar, rasa sakit yang terus menerus pada pinggang belakang, penis dan paha atas.
12. Kanker buah zakar/testis
     Terdapat benjolan pada buah zakar, ukuran penampungan pada buah zakar yang membesar dan menebal secara mendadak, sakit pada perut bagian bawah, dada membesar atau melembek.
13. Limfoma
      Yaitu kelenjar getah bening yang membesar, kenyal seperti karet, gatal - gatal, berkeringat pada waktu tidur malam, demam atau penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.
14. Leukemia
      Cirinya pucat, kelelahan kronis, penurunan berat badan, sering kena infeksi, mudah terluka, rasa sakit pada tulang dan persendian, mimisan.
15. Kanker Kulit
      Yaitu benjolan pada kulit yang menyerupai kutil (mengeras seperti tanduk), infeksi yang tidak sembuh-sembuh, bintik-bintik berubah warna dan ukuran, rasa sakit pada daerah tertentu, perubahan warna kulit berupa bercak-bercak.
16. Komplikasi
      Komplikasi yang sering terjadi pada orang yang mengidap kanker adalah infeksi yaitu pada pengidap kanker stadium lanjut. Infeksi yang terjadi akibat kekurangan protein dan zat gizi lainnya serta penekanan sistem imun yang sering terjadi setelah pengobatan konvensional.
 Tag : Jenis-Jenis Kanker

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "22 Jenis Kanker Dilihat dari Jenis dan Organ Yang Dijangkiti"

Posting Komentar