Jaringan Penyusun Akar, Anatomi Akar (Epidermis, Korteks, Endodermis, Stele)

Akar memiliki dua fungsi penting dalam kehidupan tumbuhan, pertama: menyerap air, mineral, dan oksigen dari tanah; kedua: mengokohkan tegaknya tumbuhan di atas tanah. Pada beberapa tumbuhan, akar juga digunakan sebagai tempat penyimpanan makanan cadangan. Pada akar juga terdapat sistem pembuluh yang berfungsi sebagai alat transpor air dan garam mineral dari tanah ke tubuh bagian lain. Bagian ujung akar terdiri atas jaringan meristem yang sel-selnya aktif membelah, daerah ini dilindungi oleh tudung akar (kaliptra) dari gesekan dan kerusakan dalam tanah. Sel-sel hasil pembelahan meristem mengalami pertumbuhan memanjang (menjadi dewasa), kemudian membentuk struktur-struktur tertentu. Akar monokotil dan dikotil secara garis besar memiliki susunan anatomi yang terdiri atas epidermis, korteks, endodermis, dan silinder pusat.
        Epidermis (kulit luar) terdiri atas selapis sel yang letaknya rapat dan tidak terdapat ruang-ruang antarsel. Sejumlah sel epidermis yang letaknya di ujung akar mengalami modifikasi, membentuk bulu akar. Sejumlah besar bulu akar berfungsi menyerap air dan unsur hara dari dalam tanah.
Korteks terdiri atas beberapa lapis sel parenkim yang berdinding tipis dan letaknya tidak rapat. Banyak terdapat ruang antarsel yang berfungsi untuk pertukaran gas. Pada beberapa tumbuhan, sel-sel korteks menyimpan makanan cadangan, misalnya akar wortel. Endodermis merupakan batas
terdalam lapisan korteks, terdiri atas selapis sel yang bentuknya khusus. Pada dinding radial, endodermis mengalami penebalan dari lignin atau suberin yang bersifat impermeabel. Penebalan dinding sel tersebut tampak seperti pita yang mengelilingi dinding sel dan disebut pita kaspari. Air dan garam-garam tanah masuk ke dalam silinder pusat melalui sel peresap, yaitu sel-sel endodermis
tertentu yang tidak mengalami penebalan pada dindingnya. Pada monokotil yang tidak memiliki sel peresap, penyerapan zat melalui plasmodesma.
       Silinder pusat (stele) merupakan bagian yang terdapat di sebelah dalam endodermis, meliputi jaringan perisikel, xilem, dan floem. Sel-sel perisikel yang berhadapan dengan xilem bersifat meristematis (aktif membelah) dan mampu membentuk akar cabang. Oleh karena itu, perisikel disebut juga perikambium xilem dan floem dalam silinder pusat letaknya teratur bergantian menurut arah jari-jari (radial). Pada tumbuhan dikotil di antara xilem dan floem terdapat kambium. Kedudukan xilem dan floem yang bergantian menyebabkan lapisan kambium berlekuk-lekuk seperti bintang
 Gambar tersebut menunjukkan penampang melintang akar muda, selanjutnya kambium mengadakan pertumbuhan ke arah dalam membentuk xilem dan ke arah luar membentuk floem. Bentuk bintang lambat laun berubah menjadi lingkaran. Xilem pada akar merupakan awal pembuluh angkut yang membentang dari akar sampai ke daun.
       Akar merupakan bagian bawah tumbuhan yang biasanya berkembang di bawah permukaan tanah. Beberapa tumbuhan ada yang memiliki akar yang tumbuh di udara. Bentuk dan struktur akar sangat beragam. Keadaan ini berkaitan dengan fungsi akar sebagai penyimpan cadangan makanan, akar sukulen, akar napas, dan akar rambut. Jika biji tumbuhan dikotil berkecambah, pada bagian
bawah akan keluar akar. Akar tersebut disebut pula radikula yang akan menembus tanah. Akar ini dinamakan akar primer. Setelah beberapa periode akar akan membentuk akar cabang yang dinamakan akar sekunder.
       Anatomi akar dapat diamati dengan cara melakukan pemotongan akar secara melintang. Urutan dari luar ke dalam, struktur anatomi akar terdiri atas epidermis, korteks, endodermis, dan silinder pusat (stele).
a. Epidermis
       Sel-sel epidermis akar berdinding tipis dan biasanya tidak memiliki kutikula. Ciri yang paling khas dari epidermis akar ialah pembentukan rambut akar. Rambut akar merupakan organ yang sangat sesuai untuk pengambilan air dan garam mineral.
b. Korteks
       Pada bagian sebelah dalam epidermis terdapat korteks yang tersusun atas jaringan parenkim yang berperan menyimpan cadangan makanan. Bentuk sel korteks relatif bulat (isodiametris) dengan ruang interseluler yang jelas. Air dan garam-garam mineral dari bulu akar akan melewati sel-sel korteks melalui ruang interseluler. Peristiwa ini disebut transportasi ekstra vasikuler secara apoplas. Sel-sel korteks mengandung cadangan makanan berupa amilum dan substansi lain.
Bagian sebelah dalam korteks terdapat jaringan endodermis yang terdiri atas satu lapis sel dengan dinding sel yang tebal dan mengandung lilin. Endodermis berada di antara silinder pusat dengan korteks.
c. Endodermis
       Pada dinding sel-sel terdapat plasmodesmata. Endodermis merupakan jaringan yang dapat mengatur pemasukan air ke dalam jaringan angkut yang berada di dalam silinder pusat.
Antara floem dengan xilem terdapat kambium interfasis yang berperan dalam pembentukan jari-jari empulur (jaringan parenkim yang menghubungkan antara empulur dan kulit kayu). Empulur merupakan jaringan parenkim yang berada di bagian pusat akar atau batang. Pada dinding sel endodermis yang berhubungan dengan sel endodermis lain, terdapat lapisan gabus yang dinamakan pita kaspari. Endodermis yang tidak memiliki pita kaspari dinamakan sel penerus.
d. Stele (silinder pusat)
       Sebelah dalam endodermis terdapat daerah silinder pusat yang menempati bagian tengah akar. Jaringan pembuluh primer dikelilingi oleh kumpulan sel yang dinamakan jaringan perisikel yang letaknya berdampingan. Jaringan ini merupakan parenkim. Perisikel bersifat aktif membelah (meristematis), seperti kambium sehingga disebut juga perikambium, dan mampu membentuk akar cabang (akar sekunder). Pada bagian dalam perisikel terdapat jaringan sekunder, berkas pembuluh

floem, dan xilem. Berkas ini merupakan jaringan sekunder yang dikelilingi oleh jaringan parenkim. Floem dan xilem sekunder dibentuk oleh kambium fasis dan menyebabkan bertambah lebarnya diameter batang. Kambium fasis merupakan batas antara kulit kayu dengan kayu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jaringan Penyusun Akar, Anatomi Akar (Epidermis, Korteks, Endodermis, Stele)"

Posting Komentar