Mikrometer Sekrup (Cara Membaca dan Menggunakan Mikrometer Sekrup, Bagian-Bagian dan Ketelitian Mikrometer Sekrup)

Mikrometer sekrup merupakan alat ukur panjang yang sangat teliti karena memiliki ketelitian 0,01 mm. Mikrometer sekrup ini biasanya digunakan untuk mengukur panjang, diameter luar, dan ketebalan suatu benda. Mikrometer sekrup terdiri atas rahang utama sebagai skala utama dan rahang putar sebagai skala nonius.
     Skala utama mikrometer sekrup dibagi dalam satuan milimeter dan setiap 5 mm diberi angka. Jika selubung pengukur diputar satu kali putaran penuh, rahang akan bergeser (maju atau mundur bergantung pemutarannya) sebesar 0,5 mm dan jika diputar dua putaran penuh rahang akan bergeser 1 mm. Selubung pengukur ( skala nonius) dibagi menjadi 50 bagian dan tiap 5 bagian diberi angka sehingga 1 skala selubung pengukur memiliki panjang 1/50 × 0,5 mm = 0,01 mm. Angka ini menunjukkan nilai skala terkecil dari nonius pada mikrometer sekrup. Berarti ketelitian mikrometer sekrup adalah 0,01 mm.
     Untuk mendapatkan hasil pengukuran yang tepat, diperlukan ketelitian dan latihan penggunaan mikrometer sekrup. Peganglah mikrometer sekrup dengan tangan kananmu.
Usahakan agar skala pada posisi pengukuran dapat terlihat jelas. Bingkai mikrometer sekrup ditahan dengan telapak tangan dan jari kelingking (gambar a), sedangkan jari tengah menahan bingkai bagian bawah selubung pengukur. Ibu jari dan telunjuk tangan kanan memutar selubung pengukur dan gigi geser (gambar b). Benda yang hendak diukur dipegang dengan tangan kiri. Berikut adalah gambar cara mengukur menggunakan mikrometer sekrup.
      Pada saat memutar selubung, pengukur kunci harus dalam keadaan terbuka. Ibu jari dan telunjuk tangan kanan memutar selubung pengukur dengan cara memutar gigi geser. Pemutaran harus dihentikan ketika terdengar suara "klik". Hal ini dimaksudkan untuk menjaga mikrometer sekrup agar tidak rusak.
Nah, agar kita mahir dalam membaca dan menggunakan mikrometer sekrup, pelajari contoh pengukuran ketebalan kertas berikut.
Perhatikan langkah-langkah megukur menggunakan mikrometer sekrup.
a) Buka pengunci mikrometer sekrup sehingga selubung dapat bergerak.
b) Letakkan kertas di antara rahang.
c) Putar gigi geser pada selubung pemutar sampai terdengar suara "klik".
d) Hentikan pemutaran, lalu kunci agar skala tidak berubah.
e) Baca skala utama apakah menunjukkan satuan atau tengahan satuan.
f ) Baca skala nonius yang tepat segaris dengan skala utama.
g) Hitung hasil pengukuran dengan cara menjumlahkan skala utama dengan skala nonius, kemudian jumlahkan atau kurangi dengan ketelitian mikrometer sekrup.

Cara membaca hasil pengukuran mikrometer sekrup.
       Gambar di bawah ini menunjukkan hasil pengukuran sebuah pelat dengan menggunakan mikrometer sekrup.
 Hasil pengukuran pada skala utama terbaca 1,5 mm dan skala nonius menunjukkan angka 31. Hasil peng ukurannya adalah:
a. skala utama = 1,5 mm;
b. skala nonius 33 × 0,01 mm = 0,33 mm;
c. hasil pengukuran = 1,83 mm.
 
Berikut adalah gambar dari bagian-bagian sebuah mikrometer sekrup.
  1. Gigi geser
  2. Skala pengukur
  3. Skala utama
  4. Pengunci
  5. Rahang penggerak
  6. Bingkai
  7. Rahang tetap
Mikrometer sekrup digunakan untuk mengukur ketebalan plat, kertas, dan buku. Mikrometer sekrup memiliki ketelitian 0,01 mm.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mikrometer Sekrup (Cara Membaca dan Menggunakan Mikrometer Sekrup, Bagian-Bagian dan Ketelitian Mikrometer Sekrup)"

Posting Komentar