Tahap Membuat DNA Rekombinan Dalam Rekayasa Genetika

Rekayasa genetika artinya adalah suatu proses pengubahan gen-gen dalam tubuh makhluk hidup. Rekayasa genetika dilakukan dengan cara mengisolasi dan mengidentifikasi serta memperbanyak gen yang dikehendaki.
       Tahapan rekayasa genetika dimulai dengan memotong DNA yang akan dimanipulasi dan menyambungkan potongan DNA tadi pada DNA lain sehingga akan didapatkan DNA campuran atau DNA rekombinan. Untuk memotong DNA digunakan gunting biologi, yaitu enzim retriksi endonuklease dan untuk menggabungkan potongan DNA dengan DNA lain juga dipergunakan enzim, yaitu enzim ligase.
      Adapun tahap-tahap yang dilakukan untuk membuat DNA rekombinan ataupun klon DNA meliputi:
1. Mengekstraksi DNA yang dikehendaki.
2. Mengeluarkan DNA yang akan diklon dari dalam sel.
3. Memotong DNA tadi menggunakan enzim retriksi endonuklease.
4. Menggabungkan potongan DNA tadi dengan DNA lain dengan menggunakan enzim ligase.
       Dalam proses rekayasa genetika untuk mengembangkan DNA yang diinginkan membutuhkan pembawa atau vektor, yang biasanya digunakan sebagai vektor, yaitu DNA plasmid dari bakteri.
Contoh aplikasi rekayasa genetika adalah dengan dihasilkannya tanaman yang mampu menghasilkan cahaya pada malam hari. Tanaman ini mampu memendarkan cahaya sehingga sewaktu gelap seakan-akan tanaman ini bercahaya. Prosesnya gen penghasil cahaya diambil dari tubuh ubur-ubur yang mampu bercahaya kemudian ditransplantasikan pada plasmid bakteri dan setelah itu di DNA rekombinan jadi banyak di cangkokkan pada sel tanaman kemudian dibiakkan secara kultur jaringan
sehingga diperoleh tanaman yang mampu bercahaya. Hal seperti ini dimanfaatkan untuk membuat pohon natal yang mampu menghasilkan cahaya sendiri ataupun sekarang juga telah ada tikus yang bercahaya karena dalam selnya juga telah dicangkokkan gen dari ubur-ubur yang bercahaya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahap Membuat DNA Rekombinan Dalam Rekayasa Genetika"

Posting Komentar