Pengertian Unsur dan Aturan Penulisan Lambang Unsur Alkemia, John Dalton, Berzelius, dan IUPAC

Pengertian Unsur
    Unsur adalah zat tunggal yang paling sederhana dan tidak dapat diuraikan menjadi zat lain. Bagian terkecil dari sebuah unsur disebut atom. Sebuah unsur terdiri dari kumpulan atom-atom. Contohnya, sebatang besi terdiri dari kumpulan atom-atom besi. Emas dan besi merupakan contoh unsur. Emas dan besi merupakan zat murni yang tidak dapat diubah lagi menjadi zat lain. Contoh-contoh benda lainnya yang termasuk unsur adalah tembaga, timah, seng, perak, oksigen, karbon, kalsium, belerang, dan hidrogen.
Pengertian unsur dan contoh unsur - Unsur Besi

Aturan Penulisan Lambang Unsur
    Penggunaan lambang untuk menyatakan unsur tertentu telah dikenal sejak masa Alkemia (tahun 2 - 7M). Beberapa contoh lambang unsur pada zaman Alkemia adalah sebagai berikut:
Aturan Penulisan lambang unsur kimia pada zaman Alkemia

Sejalan dengan perkembangan ilmu Kimia, penemuan unsurunsur kimia makin banyak. Oleh karena itu, John Dalton mengusulkan penulisan lambang unsur kimia yang berbeda dengan penulisan zaman Alkemia. John Dalton menggunakan gambar lingkaran untuk menyatakan atom-atom unsur dan tiap lingkaran ditandai dengan gambar yang berbeda untuk membedakan unsur yang satu dengan yang lainnya. Beberapa contoh lambang unsur yang diusulkan oleh John Dalton adalah sebagai berikut:
Aturan penulisan lambang unsur yang dikemukakan oleh John Dalton juga mengalami masalah ketika banyak lagi unsur lain yang ditemukan. Masalah ini dicoba dipecahkan oleh Jons Jacob Berzelius.
Pada 1813, Berzelius membuat aturan penulisan lambang unsur sebagai berikut:
  1. Menggunakan nama unsur dalam bahasa Latin.
  2. Lambang unsur diambil dari huruf pertama nama unsur tersebut dan ditulis dengan huruf kapital.
  3. Jika ada unsur-unsur yang memiliki huruf pertama dari namanya sama, maka lambang dari salah satu unsur ditambah lagi satu huruf yang ditulis dengan huruf kecil.

Contoh penulisan lambang unsur menurut aturan Berzelius dapat dilihat dalam tabel berikut ini.
Tabel Lambang Unsur Menurut Aturan Berzelius
Tabel Lambang Unsur Menurut Aturan Berzelius

Aturan penulisan lambang unsur menurut Berzelius kemudian dijadikan sebagai aturan internasional berdasarkan hasil konvensi lembaga kimia sedunia, yaitu IUPAC.
Contoh Penulisan Lambang Unsur Menurut IUPAC:
  1. Nama Latin dari karbon adalah Carbonium. Karbon merupakan unsur yang dilambangkan dengan satu huruf. Jadi, lambang unsur karbon adalah C.
  2. Nama Latin dari klorin adalah Chlorium. Karena huruf awalnya sama dengan karbon, maka lambang unsur klorin ditulis dengan dua huruf. Jadi, lambang unsur klorin adalah Cl.
  3. Nama Latin Kalium adalah Kalium. Lambang unsur kalium ditulis dengan satu huruf. Jadi, lambang unsur kalium adalah K.

Perbandingan Perkembangan Aturan Penulisan Lambang Unsur
    Setiap unsur memiliki lambang masing-masing berdasarkan nama ilmiah yang diambil dari nama latinnya. Penulisan lambang unsur mengalami berbagai perubahan dari masa ke masa, di antaranya lambang unsur pada zaman alkimia, masa John Dalton, dan masa Jakob Berzelius. Perubahan penulisan lambang unsur ini dapat kamu amati pada tabel dibawah ini:
Perbandingan Perkembangan Aturan Penulisan Lambang Unsur

Penulisan lambang kimia yang dipakai sampai saat ini adalah berdasarkan usulan Jons Jakob Berzelius. Menurut Berzelius, penulisan setiap unsur dilambangkan dengan satu huruf, yaitu huruf awal dari nama latin unsur tersebut yang dituliskan dengan huruf besar. Jika ada unsur yang mempunyai huruf awal yang sama, penulisan lambang unsur dibedakan dengan menambahkan satu huruf lain dari nama unsur tersebut yang dituliskan dengan huruf kecil.
Contoh penulisan lambang unsur yang menggunakan satu huruf ditunjukkan pada Tabel berikut.
Tabel Unsur-unsur yang dilambangkan dengan satu huruf.
Tabel Unsur-unsur yang dilambangkan dengan satu huruf.

Beberapa contoh unsur yang dilambangkan dengan dua huruf dapat kamu amati pada tabel berikut. Tabel unsur-unsur yang dilambangkan dengan dua huruf.
Tabel unsur-unsur yang dilambangkan dengan dua huruf

Sekilas Mengenai John Dalton dan Jons Jakob Berzelius
John Dalton (1766- 1844) adalah ahli fisika dan kimia dari Inggris. Ia mengembangkan teori atom yang ditemukan dengan menggunakan dasar ilmu fisika modern. Selain itu, ia juga merupakan tokoh kimia yang mengusulkan aturan penulisan unsur.
    Dalton dilahirkan pada 6 September 1766 di Eaglesfield, Cumberland County, Inggris. Ia sudah mulai mengajar pada usia 12 tahun. Pada 1781, ia berpindah ke Kendal untuk membangun suatu sekolah. Kemudian, ia pergi ke Manchester pada 1793 dan menghabiskan sisa hidupnya di sana sebagai guru. Ia meninggal di Manchester pada 27 Juli 1844.
Jons Jakob Berzelius (1779 - 1848) ialah seorang ilmuwan dari Swedia yang mengusulkan agar setiap unsur kimia diberi lambang berupa huruf awal dari nama unsur dalam bahasa Latin. Ia juga menunjukkan bahwa atom-atom berpegangan dalam molekul karena ada tegangan listrik. Dia menemukan beberapa unsur kimia yaitu silikon, selenium, thorium, dan cerium.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Unsur dan Aturan Penulisan Lambang Unsur Alkemia, John Dalton, Berzelius, dan IUPAC"

Posting Komentar