Teori Atom Dalton (Gambar Teori Atom John Dalton | Model Atom Dalton)

John Dalton adalah seorang ahli kimia besar berkebangsaan Inggris. Selama masa hidupnya, Dalton menghasilkan banyak sekali karya. Karya-karya yang pernah dihasilkan Dalton antara lain hukum tekanan parsial, hukum perbandingan tetap, dan teori atom Dalton.

Teori Atom Dalton

Kontribusi penting Dalton kepada ilmu pengetahuan adalah teori atomnya ini. Secara ringkas teori atom Dalton menyatakan bahwa:
  1. Setiap materi tersusun atas partikel terkecil yang disebut atom.
  2. Atom tidak dapat dipecah lagi menjadi partikel yang lebih kecil dengan sifat yang sama.
  3. Atom-atom dari unsur tertentu mempunyai sifat dan massa yang identik. Unsur- unsur yang berbeda memiliki atom-atom yang massanya berbeda.
  4. Senyawa terbentuk dari dua macam atom atau lebih yang berbeda.
  5. Reaksi kimia merupakan penggabungan dan pemisahan atom-atom dari unsur atau senyawa dalam reaksi tersebut.

Gambar Model Atom Dalton

Berikut ini adalah gambar dari Teori Atom John Dalton:
Teori atom Dalton menyatakan bahwa bentuk atom seperti bola pejal padat seperti tolak peluru. 
Postulat Dalton menggambarkan bahwa atom merupakan bola pejal seperti bola tolak peluru yang sangat kecil. Pendapat Dalton mengenai atom ini kemudian disempurnakan oleh ahliahli yang lain seperti J.J. Thomson, Rutherford, Niels Bohr, dan Louis de Broglie. Di SMA kamu akan mempelajari model atom yang dikemukakan oleh ahli-ahli tersebut.

Gambar Model Atom Dalton
(a) Berdasarkan teori atom Dalton, atom-atom dari unsur yang sama itu identik. Atomatom unsur X berbeda dengan atom-atom unsur Y.
(b) Molekul senyawa dihasilkan dari penggabungan atom unsur X danY dengan perbandingan 2 : 1.

Pemikiran dari Dalton mengenai atom di atas dikenal dengan istilah model atom Dalton. Dengan pemikiran Dalton mengenai atom tersebut maka dapat dikatakan bahwa beragam (ribuan bahkan sampai jutaan) zat-zat yang ada di alam sebenarnya berasal dari partikel-partikel terkecil unsur (atom) yang jumlahnya relatif sangat sedikit (lihat jumlah macam unsur yang terdapat dalam sistem periodik unsur).

Atom memiliki diameter 10-⁸ (0,00000001) cm, terdiri atas inti atom dan dikelilingi oleh elektron yang bergerak menurut orbit tertentu. Hampir semua massa atom terpusat di inti atom yang berupa proton dan neutron, sementara jari-jari inti atom yang besarnya 10-13 cm jika dibandingkan dengan jari-jari atom itu sendiri adalah 1 : 100.000. Apabila kita misalkan inti atom adalah kelereng yang diameternya 1 cm maka kulit atom jaraknya akan menjadi 100.000 cm atau 1 km dari kelereng tersebut. Jadi, kita dapat membayangkan betapa berongganya atom yang kita kira pejal tersebut.

Baca juga: Bahasan Molekul dan Ion Lengkap😉

John Dalton (1766-1844) ialah seorang guru SMU di Manchester, Inggris. Ia terkenal karena teorinya yang membangkitkan kembali istilah "atom". Dalam buku karangannya yang berjudul New System of Chemical Philosophy ia berhasil merumuskan hal tentang atom sekitar tahun 1803.

Ia menyatakan bahwa materi terdiri atas atom yang tidak dapat dibagi lagi. Tiap-tiap unsur terdiri atas atom-atom dengan sifat dan massa identik, dan senyawa terbentuk jika atom dari berbagai unsur bergabung dalam komposisi yang tetap. Dalton mengemukakan lima teori tentang atom.

Walau di kemudian hari terbukti ada 2 di antara 5 teorinya yang perlu ditinjau kembali, ia tetap dianggap sebagai bapak pencetus teori atom modern, terlebih lagi karena teorinya tersebut mampu menerangkan Hukum kekekalan massa Lavoisier dan Hukum perbandingan tetap Proust.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teori Atom Dalton (Gambar Teori Atom John Dalton | Model Atom Dalton)"

Posting Komentar