Pembiasan Cahaya pada Prisma, Dispersi Sinar Putih Prisma, Rumus Sudut Deviasi Prisma

Prisma adalah yang terbuat dari gelas tembus cahaya (transparan) yang kedua sisinya dibatasi bidang permukaan yang membentuk sudut tertentu satu sama lain. Sudut pada prisma tersebut dinamakan sudut pembias (simbolnya adalah: β). Bidang permukaan prisma berfungsi sebagai bidang pembias. Bagaimanakah perjalanan sinar pada prisma?

Saat suatu sinar seperti sinar laser merah menembus prisma maka sinar tersebut akan mengalami dua kali pembiasan, yaitu saat dari udara masuk ke prisma dan saat dari prisma kembali ke udara.

Prisma merupakan benda optik yang dibatasi oleh dua bidang pembatas yang rata dan berpotongan (tidak sejajar).  Ketika sinar dilewatkan pada prisma, ternyata terjadi penyimpangan arah sinar datang pertama dengan sinar bias akhir. Hal ini diakibatkan karena ujung-ujung prisma membentuk sudut. Sudut yang dibentuk antara perpanjangan sinar datang pertama dan sinar bias akhir disebut sudut deviasi atau sudut penyimpangan.

Pembiasan Cahaya pada Prisma
Keterangan:
β = sudut pembias prisma
i1 = sudut datang sinar masuk
i2 = sudut datang sinar keluar
r1 = sudut bias dari sinar masuk
r2 = sudut bias dari sinar keluar
δ = sudut deviasi

Sudut antara dua bidang sisi, disebut sudut bias (β). Sedangkan, dua ruas garis tempat sinar datang dan keluar disebut rusuk pembias. Sudut antara berkas sinar datang dan berkas sinar keluar prisma disebut sudut deviasi (δ).

Peristiwa Dispersi Sinar Putih pada Prisma
Saat dilewatkan pada prisma berkas sinar putih dapat diuraikan menjadi berbagai warna dasar, yaitu
merah, jingga, kuning, hijau, biru, dan ungu. Deretan warna dasar ini disebut spektrum warna. Sinar putih terdiri dari berbagai warna sehingga disebut sinar polikromatik.
Peristiwa penguraian berkas sinar putih menjadi berbagai warna dasar disebut dispersi. Dispersi cahaya terjadi karena tiap warna cahaya mempunyai cepat rambat yang berbeda. Sudut yang dibentuk oleh sinar merah dan sinar ungu yang paling pinggir disebut sudut dispersi.



Rumus Pembiasan Cahaya pada Prisma
Hubungan antara sudut bias, sudut sinar datang, sudut sinar keluar, dan sudut deviasi adalah sebagai berikut:

Rumus Pembiasan Cahaya pada Prisma

dengan:
δ = sudut deviasi
i1 = sudut sinar datang
r2 = sudut sinar keluar
β = sudut bias

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pembiasan Cahaya pada Prisma, Dispersi Sinar Putih Prisma, Rumus Sudut Deviasi Prisma"

Posting Komentar