Cara Menyiapkan Laboratorium untuk Analisis Rutin & Kegiatan yang Benar di Laboratorium

Cara Menyiapkan Laboratorium untuk Analisis Rutin

a. Membersihkan wilayah kerja
Ruangan laboratorium dibersihkan setiap selesai digunakan yaitu lantai dan meja laboratorium. Bila ada tumpahan dibersihkan dan dibuang dengan menggunakan pelindung untuk tangan dan muka.

b. Membersihkan timbangan dan ruang timbang
Timbangan harus ditempatkan di ruang khusus yang tertutup sehingga tidak bercampur dengan alat yang lain. Secara teratur setiap kali selesai menimbang maka timbangan dan piringan timbangan harus bersih dari debu dan tumbahan bahan kimia. Pembersihan timbangan menggunakan alat kuas/sikat yang halus. 


Kegiatan yang Benar di Laboratorium

a. Melaksanakan pengecekan peralatan
Laboratorium dalam melaksanakan kegiatannya, harus melakukan pemantauan kondisi laboratorium, diantaranya melakukan pengecekan alat gelas dan instrumen.
Pengecekan alat gelas dan instrumen dilakukan dengan cara memeriksa secara periodik alat gelas dan instrumen selalu dalam keadaan bersih setelah digunakan, bila ada kerusakan alat gelas dan instrumen maka diperbaiki atau tidak digunakan lagi.

b. Pengecekan sampel uji
Sampel yang ada atau diterima suatu laboratorium, harus disiapkan untuk selanjutnya sampel tersebut diuji menggunakan prosedur yang tersedia. Preprasi sampel untuk uji di laboratorium dilakukan berdasarkan uraian yang ada dalam Bab I.

c. Memelihara kesehatan laboratorium
Setiap orang yang bekerja di laboratorium harus menggunakan baju/jas laboratorium dan pelindung yang lain seperti kaca mata untuk bekerja di laboratorium.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menyiapkan Laboratorium untuk Analisis Rutin & Kegiatan yang Benar di Laboratorium"

Posting Komentar