Fungsi Sumsum Tulang Belakang | Mekanisme Penghantaran Impuls Pada Tulang Belakang

      Sumsum tulang belakang atau tali spinal merupakan tali putih kemilau berbentuk tabung dari dasar otak menuju ke tulang belakang. Pada irisan melintangnya, tampak ada dua bagian, yakni bagian luar yang berpenampakan putih dan bagian dalam yang berpenampakan abu-abu dengan berbentuk kupu-kupu. Bagian luar sumsum tulang belakang berwarna putih, karena tersusun oleh akson dan dendrit yang berselubung mielin. Sedangkan bagian dalamnya berwarna abu-abu, tersusun oleh badan sel yang tak berselubung mielin dari interneuron dan neuron motorik.
Apabila sumsum tulang belakang diiris secara vertikal, bagian dalam berwarna abu-abu terdapat saluran tengah yang disebut ventrikel dan berisi cairan serebrospinal. Ventrikel ini berhubungan
juga dengan ventrikel di dalam otak. Bagian dalamnya mempunyai dua akar saraf yaitu akar dorsal yang berisi saraf sensorik ke arah punggung, dan akar ventral yang berisi saraf motorik ke arah perut.
       Sumsum tulang belakang memiliki fungsi penting dalam tubuh.
Fungsi tersebut antara lain:
1.menghubungkan impuls dari saraf sensorik ke otak dan sebaliknya
2.menghubungkan impuls dari otak ke saraf motorik
3.memungkinkan menjadi jalur terpendek pada gerak refleks.

Mekanisme Penghantara Impuls Tulang Belakang:
       Mekanisme penghantaran impuls yang terjadi pada tulang belakang yakni sebagai berikut; rangsangan dari reseptor dibawa oleh neuron sensorik menuju sumsum tulang belakang melalui akar dorsal untuk diolah dan ditanggapi. Selanjutnya, impulsdibawa neuron motorik melalui akar ventral ke efektor untuk direspons. Sumsum tulang belakang merupakan lanjutan atau kepanjangan dari otak. Seperti halnya otak, sumsum tulang belakang tersusun atas jaringan saraf, yaitu sel-sel saraf (neuron) dan sel-sel penyokongnya, yaitu neuroglia atau sel-sel glia. Sumsum tulang belakang terletak di bagian punggung, dilindungi dalam tulang-tulang belakang (vertebrata). 
       Manusia memiliki 33 vertebra, 7 di leher, 12 di daerah belakang dada, 5 di pinggang, 5 di panggul, dan 4 tulang ekor.
        Pada gambar tersebut, sumsum tulang belakang memiliki bagian yang berwarna putih dan kelabu. Bagian kelabu membentuk huruf H, tersusun dari badan sel saraf, neuroglia, dendrit, dan serabut-serabut saraf. Karena tidak diselaputi mielin yang merupakan zat lemak, bagian ini
berwarna kelabu. Bagian putih merupakan jalur serabut saraf (kumpulan neurit) yang bermielin. Sumsum tulang belakang berperan dalam koordinasi aktivitas tubuh, terutama yang berhubungan dengan aktivitas otonom.
      Sumsum tulang belakang berbentuk tabung dikelilingi dan dilindungi lung tulang neural, tampak ada dua bagian, yaitu bagian dalam suatu massa bahan kelabu berbentuk kupu-kupu yang terdiri atas badan sel dan bagian luar suatu bahan putih yang terdiri atas ikatan akson dan dendrit, “sayap” bahan kelabu terbagi menjadi dua tanduk dorsal dan dua tanduk ventral. Tanduk ventral mengandung badan sel neuron motor yang aksonnya keluar melalui saraf spinal menuju ke otot. Neuron lainnya dalam sumsum tulang belakang merupakan interneuron.

       Akson dalam bahan putih dipisahkan dalam ikatan-ikatan yang mempunyai fungsi sama, yaitu jalur menanjak (ascending tracks) menyalurkan impuls ke otak, dan jalur menurun (descending tracks) berfungsi membawa impuls dari otak ke efektor.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fungsi Sumsum Tulang Belakang | Mekanisme Penghantaran Impuls Pada Tulang Belakang"

Posting Komentar