Ciri-Ciri Reaksi Kimia dan Contohnya Lengkap

Ciri-ciri reaksi kimia yaitu adanya perubahan kimia, seperti reaksi kimia menghasilkan endapan, adanya perubahan warna, menghasilkan zat baru seperti gas, dan menghasilkan perubahan suhu. Ketika terjadi reaksi kimia, terdapat perubahan-perubahan yang dapat kita amati. Perhatikan ciri-ciri reaksi kimia berikut.

1. Menimbulkan Gas

Reaksi kimia dapat menghasilkan / menimbulkan gas pada saat berlangsungnya reaksi tersebut. Gas yang dihasilkan oleh reaksi kimia dapat berupa gas oksigen, gas karbon dioksida atau gas hidrogen. Contoh reaksi kimia yang menghasilkan gas adalah reaksi pembakaran kayu, reaksi fotosintesis, dan reaksi garam karbonat dengan larutan asam.

Contoh Ciri Reaksi Kimia yang Menghasilkan Gas

1. Reaksi kimia yang menghasilkan gas karbon dioksida (CO2)
    adalah reaksi senyawa karbonat dengan larutan asam. Persamaan reaksi kimianya adalah sebagai berikut:
senyawa karbonat + asam klorida → garam klorida + air + gas CO2
senyawa karbonat + asam sulfat → garam sulfat + air + gas CO2
2. Reaksi kimia yang menghasilkan gas hidrogen
 yaitu reaksi logam dengan asam klorida. Persamaan kimianya adalah sebagai berikut:
logam + asam klorida → garam klorida + gas hidrogen


2. Terjadi Perubahan Suhu

Reaksi kimia ada yang menyerap panas dan ada juga yang melepaskan panas. Penyerapan atau pelepasan panas oleh suatu reaksi kimia dapat menimbulkan perubahan suhu pada lingkungan di sekitar tempat terjadinya ciri reaksi tersebut.
contoh reaksi kimia yang menimbulkan perubahan suhu
Jika reaksi kimia tersebut menyerap panas, maka suhu di lingkungan sekitarnya akan menurun (menjadi lebih dingin). Reaksi kimia yang menyerap panas dinamakan reaksi endoterm. Sebaliknya, jika reaksi kimia tersebut melepaskan panas, maka suhu di lingkungan sekitarnya akan meningkat (lebih panas). Reaksi kimia yang melepaskan panas dinamakan reaksi eksoterm.

Contoh Ciri Reaksi Kimia Pada Perubahan Suhu

1. Reaksi antara Kapur Tohor dan Air
Jika kita memasukkan sedikit kapur tohor ke dalam air yang terdapat dalam tabung reaksi, kita akan merasakan suhu air yang terdapat dalam tabung tersebut meningkat.

2. Reaksi Butiran Karbit dan Air
Contoh lain adalah reaksi antara butiran karbit dengan air yang terdapat dalam tabung reaksi. Reaksi ini pun menyebabkan naiknya suhu air dalam tabung reaksi.

3. Reaksi antara Pupuk dan Air
Jika pupuk urea (NH3) dimasukkan ke dalam air, maka suhu air akan menurun (lebih dingin). Hal ini diakibatkan karena reaksi pupuk urea dengan air termasuk reaksi kimia yang menyerap panas (reaksi
endoterm).
4. Reaksi antara Air dan Batu Gamping


3. Terjadi Perubahan Warna

Suatu ciri reaksi kimia dalah dapat menyebabkan terjadinya perubahan warna pada zat-zat yang bereaksi. Perhatikan alat-alat rumah tangga yang terbuat dari logam, benda-benda tersebut lama kelamaan akan berubah warna. Alat dari besi akan berkarat sehingga menjadi berwarna hitam, alat dari tembaga akan berubah warna menjadi kehijauan, alat dari perak akan berubah warna menjadi hitam.
contoh ciri reaksi perubahan warna pada apel
Perubahan warna tersebut menunjukkan bahwa telah terjadi reaksi kimia pada alat-alat tersebut. Warna baju yang kita pakai lama-kelamaan akan memudar karena bereaksi dengan bahan kimia yang terdapat dalam detergen.

Contoh dari ciri reaksi kimia yang menimbulkan perubahan warna

1. Reaksi antara larutan FeCl3 (warna coklat) dengan larutan KSCN (tidak berwarna).
Jika larutan FeCl3 diteteskan ke dalam larutan KSCN, maka akan terjadi perubahan warna pada larutan KSCN. Persamaan reaksi kimianya adalah sebagai berikut.

2. Reaksi antara larutan tepung kanji dengan iodium tintur
Larutan kanji berwarna jernih, iodium berwarna coklat. Jika keduanya dicampurkan akan membentuk warna biru. Jika ditambahkan vitamin C maka iodium akan bereaksi dengan vitamin C membentuk zat kimia lain yang tidak berwarna. Jadi terjadinya reaksi kimia dapat diketahui dari perubahan warna yang terjadi

3. Pemanasan Padatan Terusi dalam Tabung Reaksi
Pada perubahan ini terbentuk dua macam zat baru. Terusi akan berubah menjadi zat lain yang berwarna putih dan dalam dinding tabung akan terbentuk tetesan cairan, seperti ditunjukkan pada gambar berikut ini:
Perubahan warna dan pembentukan tetesan air pada pemanasan terusi.

4. Pemanasan Lempeng Tembaga dengan Serbuk Belerang Warna Kuning
Contoh reaksi lain yang ditandai oleh adanya perubahan warna adalah jika kita memanaskan lempeng tembaga yang berwarna merah dengan serbuk belerang yang berwarna kuning. Setelah dipanaskan maka akan terbentuk zat baru yang berwujud padatan berwarna hitam.


4. Timbul Endapan

Suatu reaksi kimia dapat menghasilkan endapan. Pembentukan endapan merupakan ciri reaksi kimia didasarkan pada kenyataan bahwa tidak semua materi larut dalam air. Jika materi hasil reaksi tidak dapat larut dalam air, maka hasil reaksi tersebut akan mengendap.

Contoh Ciri Reaksi Kimia yang Menimbulkan Endapan

1. Reaksi antara NaCl dan AgNO3
Jika larutan natrium klorida (NaCl) direaksikan dengan larutan AgNO3, maka akan terbentuk AgCl dan larutan NaNO3. Larutan NaNO 3 dapat larut dalam air, tetapi AgCl tidak dapat larut dalam air sehingga akan mengendap. Jadi, reaksi tersebut akan menghasilkan endapan AgCl yang berwarna putih. Persamaan reaksi kimianya adalah sebagai berikut.
larutan NaCl + larutan AgNO3 → AgCl + larutan NaNO3

2. Peristiwa Meniup Air Kapur
Jika kita meniupkan napas ke dalam air kapur, air kapur yang tadinya jernih akan menjadi keruh. Kekeruhan ini terjadi karena terbentuknya zat baru berupa endapan putih. Endapan putih ini merupakan hasil reaksi antara zat yang ada dalam udara hasil pernapasan kita dan air kapur. 

3. Reaksi Larutan Perak Nitrat dalam Air Ledeng
Jika kita meneteskan larutan perak nitrat ke dalam air ledeng, air ledeng akan tampak keruh. Kekeruhan ini terbentuk karena adanya reaksi antara larutan perak nitrat dan partikel yang ada dalam air ledeng, kemudian membentuk zat baru berbentuk endapan dalam air ledeng.
ciri reaksi kimia menimbulkan endapan

Pengendapan dengan reaksi kimia telah lama dimanfaatkan untuk proses penjernihan air. Air sumur yang keruh akibat bercampur lumpur dapat dijernihkan dengan penambahan tawas. Tawas tersebut akan mengikat partikelpartikel lumpur sehingga menggumpal dan akhirnya mengendap.

Disekitar tempat tinggal kalian juga ada ciri reaksi kimia yang menghasilkan endapan, misalnya panci yang dipakai untuk merebus air pada bagian dasarnya terdapat endapan. Zat apa yang menempel pada panci tersebut? Zat yang menempel pada panci merupakan senyawa karbonat yang terbentuk saat air yang mengandung kapur dipanaskan sehingga kapur terurai dan mengendap serta menempel pada bagian dasar panci, air yang demikian disebut air sadah.

Ciri khas air yang mengandung sadah, jika dilarutkan sabun maka tidak membuih atau berbusa, hal ini disebabkan saat bereaksi membentuk endapan.
Ion Ca dan Mg + Natrium stearat (sabun) → Ca/Mg stearat + Ion natrium (endapan)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ciri-Ciri Reaksi Kimia dan Contohnya Lengkap"

Posting Komentar