Pengertian dan Contoh Amplitudo (Gambar ilustrasi amplitudo)

Amplitudo adalah simpangan terjauh/maksimum atau jarak dari titik setimbang ke titik terjauh. Amplitudo didefinisikan sebagai simpangan getaran paling besar.
Berikut adalah gambar ilustrasi dari amplitudo:
Gambar ilustrasi amplitudo - amlitudo getaran atau gelombang

Ketika kita memberi simpangan pada bandul di titik A, kemudian melepaskan batu, batu akan bergerak menuju titik B, C, B, kemudian kembali ke titik A di sebut satu getaran. Kita dapat melihat bahwa simpangan tidak pernah melebihi titik A dan titik C. Kedudukan batu setiap saat berubah-ubah. Dengan demikian simpangannya pun berubah pula. Pada saat batu berada di titik A atau C, simpangannya merupakan simpangan maksimum, sedangkan pada saat batu berada di titik kesetimbangan yaitu titik B, simpangannya minimum yaitu sama dengan nol.
Amplitudo merupakan simpangan getaran paling besar. Pada bandul diatas amplitudo getaran yaitu BA atau BC.  Karena amplitudo merupakan simpangan terbesar jadi amplitudonya adalah ketika jarak antara BA dan BC pada posisi terjauh.
Mengapa amplitudo getaran bandul pada semakin lama semakin mengecil? Benda dapat bergerak dari titik A ke titik C melewati titik B disebabkan batu mempunyai berat dan ditarik oleh gaya gravitasi Bumi. Gaya gravitasi Bumi ini bekerja pada batu di setiap posisi berarah ke bawah. Dengan demikian, dalam pergerakannya benda akan mengalami hambatan dari gaya gravitasi ini. Hambatan ini akhirnya akan mampu menghentikan getaran bandul sehingga bandul berada dalam titik kesetimbangan di titik B.
Kuat bunyi bergantung pada amplitudo dan jarak sumber bunyi dari penerima. Makin besar amplitudo sumber bunyi, makin kuat bunyi yang terdengar.

Contoh Amplitudo Getaran

Titik O adalah titik kesetimbangan. Jarak antara benda yang bergetar dengan titik kesetimbangan disebut simpangan. Misalkan suatu ketika beban yang bergetar berada di posisi C, dan jarak CO adalah 3 cm. Maka simpangan getaran pada saat itu adalah 3 cm.
Gambar contoh amplitudo getaran
Simpangan terbesar getaran pada gambar diatas adalah jarak OA atau OB. Simpangan terbesar ini disebut amplitudo suatu getaran. Misalnya, jarak OB adalah 5 cm. Maka amplitudo getaran itu 5 cm.

Tips: Cara mencari amplitudo adalah dengan memilih jarak simpangan terjauh, dimana pada gambar adalah mengambil jarak terjauh antara OA atau OB.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Contoh Amplitudo (Gambar ilustrasi amplitudo)"

Posting Komentar