Fungsi Tulang / Rangka | Jumlah Tulang | Nama Tulang dan Gambarnya Pada Sistem Gerak Manusia

Manusia mempunyai kemampuan untuk bergerak secara aktif. Gerakan tersebut disebabkan oleh adanya kerja sama yang kompak antara tulang dan otot. Tulang tidak dapat bergerak jika tidak digerakkan oleh otot. Otot dapat menggerakkan tulang karena mempunyai daya berkontraksi. Oleh karena itu, otot dikatakan sebagai alat gerak aktif dan tulang sebagai alat gerak pasif. Otot menempel dan menghubungkan tulang yang satu dengan tulang yang lainnya. Sebagian besar kerangka terdiri atas bagian bagian keras dan kaku, kecuali pada persendian. Komponen yang paling lazim terdapat di dalam kerangka adalah senyawa kalsium. Pada banyak kerangka avertebrata, kalsium terdapat sebagai kalsium karbonat, sedangkan pada vertebrata sebagai kalsium fosfat. Selain itu, terdapat pula zat-zat lain, seperti garam-garam magnesium dan strontium.
       Kerangka dapat terdiri atas zat organik khusus, seperti kitin dan kolagen, atau kompleks zat organik dan anorganik. Kompleks ini sangat kuat, karena zat anorganik tahan terhadap tekanan, dan komponen organik tahan terhadap tegangan dan memberi elastisitas.
Rangka pada tubuh manusia merupakan rangka endoskeleton, yaitu rangka yang terdapat di dalam tubuh. Rangka berfungsi untuk melekatnya otot rangka, sebagai alat gerak pasif, melindungi organ-organ tubuh yang lemah, menunjang tubuh, memberi bentuk tubuh, tempat pembentukan sel-sel darah, dan sebagai tempat penimbunan mineral.
Tiga kebutuhan untuk dapat melakukan suatu gerak, yaitu:
1. rangsangan: penyebab gerak ke arah yang dituju;
2. dorongan: kegiatan tubuh yang melawan habitat;
3. keseimbangan: memulihkan keseimbangan yang hilang untuk sementara waktu.
Rangka kita tersusun dari sekitar 200 tulang, yaitu:

1. Tulang kepala 8 buah.
2. Tulang wajah 14 buah.
3. Tulang punggung (vertebrae) 33 buah.
4. Tulang dada 15 buah.
5. Gelang bahu 4 buah.
6. Gelang panggul 6 buah.
7. Alat gerak atas (lengan) 36 buah.
8. Alat gerak bawah (kaki) 60 buah.
       Rangka manusia dikatakan rangka dalam (endoskeleton). Rangka manusia terdiri atas menjadi rangka sumbu tubuh utama dan rangka anggota tubuh.
1. Rangka polos, yaitu rusuk, tulang dada, tulang kepala, vertebrata, tulangtulang ini membentuk sumbu tubuh.
2. Rangka tambahan, yaitu tulang-tulang gelang bahu dengan anggota gerak atas dan gelang panggul dengan anggota gerak bawah.
Kalian pasti sering memakan daging, daging ini sebenarnya adalah otot, adapun tulang-tulang akan membentuk suatu kesatuan yang disebut rangka. Coba perhatikan, letak otot dan rangka yang berdampingan dan melekat sangat erat. Coba jelaskan hubungan antara keduanya! Apa pula fungsi keduanya bagi tubuh ayam?
       Pertanyaan tersebut bisa dihubungkan dengan beberapa aktivitas seharihari yang kita lakukan. Kita bisa bergerak, berjalan, dan melakukan berbagai aktivitas karena ada bagian tubuh yang mengadakan kontraksi dan relaksasi. Bagian tersebut adalah rangka dan otot. Gerakan kita sebenarnya merupakan hasil kerja sama dari rangka dan otot. Otot adalah bagian tubuh yang mampu berkontraksi, sedangkan rangka tidak mempunyai kemampuan seperti itu. Jika otot berkontraksi, secara otomatis rangka juga ikut bergerak karena otot terletak melekat erat dengan rangka. Oleh sebab itu dapat dikatakan bahwa otot adalah alat gerak aktif, sedangkan rangka merupakan alat gerak pasif. Mengapa rangka dapat dikatakan sebagai alat gerak pasif? Hal ini disebabkan pergerakan rangka sebenarnya disebabkan adanya kontraksi otot.
Berdasarkan letak susunannya, rangka dapat dibedakan menjadi dua.
1. Rangka endoskeleton, yaitu rangka yang terletak di dalam tubuh
2. Rangka eksoskeleton, rangka ini terletak di luar tubuh.
Rangka endoskeleton terdapat pada hewan vertebrata, sedangkan rangka eksoskeleton terdapat pada hewan invertebrata.
Apakah fungsi rangka bagi tubuh? 
Secara umum, fungsi rangka adalah sebagai berikut:
1. Sebagai Alat Gerak Pasif
    Rangka bisa bergerak apabila ada kontraksi otot sehingga dikatakan bahwa gerak rangka tergantung otot.
2. Tempat Melekatnya Otot Rangka
     Letak otot melekat pada rangka. Otot dan rangka letaknya berdampingan dan melekat erat.
3. Memberi Bentuk Tubuh
     Konstruksi tulang pada tubuh kita yang sedemikian rupa dapat memberi bentuk tubuh. Perhatikan bentuk tubuh Anda dari kepala, badan, lengan, dan kaki, yang mempunyai bentuk berbeda-beda. Hal ini disebabkan karena kerangka yang berbeda-beda pula.
4. Memberi Kekuatan dan Menunjang Tegaknya Tubuh
     Jika kita ukur, berat tulang yang sebenarnya pada orang dewasa ± 5-9 kg. Jika dibandingkan dengan berat tubuh kita, masih ringan bukan? Tetapi, meskipun demikian ternyata tulang kita memiliki kekuatan luar biasa. Buktinya, ia dapat
menopang berat badan tubuh kita yang lebih berat. Coba perhatikan seorang pekerja keras, seperti kuli bangunan yang sering mengangkat beban berat, hal ini menunjukkan kekuatan yang luar biasa pada tulang kita. Tulang yang kuat terutama adalah tulang yang berbentuk pipa, yaitu
yang terletak di lengan dan pangkal kaki.
5. Melindungi Organ Tubuh yang Lemah
    Tulang yang mempunyai fungsi ini terutama yang menyusun tulang dada, tulang rusuk, dan tulang belakang. Dengan adanya tulang-tulang tersebut, organ tubuh yang vital seperti jantung dan paru-paru dapat terlindungi.
6. Tempat Pembentukan Sel Darah
     Sel darah dibentuk di dalam sumsum tulang. Sumsum tulang ini terletak di rongga-rongga bagian dalam tulang.

Gambar Rangka beserta keterangannya
Keterangan:
1. Tulang tempurung kepala
2. Tulang wajah
3. Tulang selangka
4. Tulang belikat
5. Tulang dada
6. Tulang rusuk
7. Tulang lengan atas
8. Tulang pengumpil
9. Tulang hasta
10. Tulang paha
11. Tempurung lutut
12. Tulang kering
13. Tulang betis
14. Tulang pergelangan kaki
15. Tulang telapak kaki
16 Tulang jari kaki
17. Tulang belakang
18. Tulang kelangkang
19. Tulang pinggul
20. Tulang usus
21. Tulang pergelangan tangan
22. Tulang telapak tangan
23. Tulang jari tangan
24. Tulang duduk
25. Tulang kemaluan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fungsi Tulang / Rangka | Jumlah Tulang | Nama Tulang dan Gambarnya Pada Sistem Gerak Manusia"

Posting Komentar