Pengertian Senyawa dan Rumus Kimia Beberapa Senyawa Sederhana

Pengertian sederhana senyawa adalah dua macam unsur atau lebih yang dapat bergabung secara kimiawi (melalui reaksi kimia) membentuk suatu kesatuan yang disebut senyawa. Senyawa adalah zat tunggal yang terdiri atas dua jenis unsur atau lebih yang dapat diuraikan ke dalam bentuk zat yang lebih sederhana hanya melalui reaksi kimia. Salah satu contoh senyawa adalah gula. Jika kita memanaskan gula dengan panas yang tinggi, gula akan terurai menjadi karbon dan uap air. Air yang kita peroleh dari hasil penguraian gula ini kemudian dapat diuraikan lagi menjadi hidrogen dan oksigen melalui reaksi kimia yang lain. Dengan demikian maka air, seperti halnya gula merupakan suatu senyawa.

      Adapun karbon, hidrogen, dan oksigen merupakan contoh unsur- unsur, seperti yang telah dijelaskan sebelum kita membahas tentang senyawa.
Diagram Penguraian Senyawa Gula Menjadi Unsur-Unsur Penyusunnya.

       Berbeda dengan komponen penyusun suatu campuran yang masih memper tahankan sifat-sifat asalnya, unsur- unsur penyusun suatu senyawa sudah tidak lagi memperlihatkan sifat-sifat asalnya. Contohnya adalah garam dapur atau dikenal sebagai garam meja yang tersusun atas unsur klor dan natrium. Garam ini memiliki sifat yang sangat berbeda dengan sifat-sifat unsur penyusunnya. Berikut ini adalah perbandingan sifat garam dapur (natrium klorida) yang terbentuk dari hasil reaksi kimia antara unsur klor dan natrium. Sifat garam dapur, antara lain berwujud padat, berwarna putih, berasa asin, dan berguna bagi kesehatan.
      Sifat unsur natrium, antara lain berbentuk padatan (unsur logam) dan mudah bereaksi dengan udara atau air sehingga harus disimpan dalam minyak. Sifat unsur klor, antara lain berwujud gas, berwarna kuning, dan beracun (berbahaya bagi kesehatan).
Selain garam dapur, masih banyak contoh-contoh senyawa sederhana yang dekat dengan kehidupan kita. Tabel berikut ini menyajikan beberapa contoh senyawa sederhana tersebut dan rumus kimianya beserta jumlah masing-masing unsur yang menyusun satu partikel senyawa tersebut.
Tabel Beberapa Nama Senyawa Sederhana dan Rumus Kimianya.
 Setiap zat disusun oleh partikel-partikel yang sangat kecil. Partikel-partikel tersebut bisa berupa atom, ion, atau molekul. Demikian tadi bahasan mengenai pengertian senyawa dan rumus kimia seyawa sederhana, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Senyawa dan Rumus Kimia Beberapa Senyawa Sederhana"

Posting Komentar