Apa itu Membeku, Mencair, Menguap, Mengembun, Menyumblim, dan Mengkristal? Perubahan Wujud Zat disertai Contohnya

Suatu zat dapat berubah wujud disebabkan adanya pengaruh energi. Perubahan zat terdiri dari dua jenis, yaitu perubahan fisika (perubahan zat yang tidak disertai dengan terbentuknya zat lain jenis baru, seperti air yang menjadi es) dan perubahan kimia (perubahan zat yang disertai dengan terbentuknya zat baru jenis lain, seperti kayu yang dibakar).

Apa itu Membeku, Mencair, Menguap, Mengembun, Menyumblim, dan Mengkristal - Perubahan wujud zat dan contohnya

Perubahan wujud zat digolongkan menjadi enam peristiwa sebagai berikut.
1. Membeku
    Peristiwa perubahan wujud dari cair menjadi padat. Dalam peristiwa ini zat melepaskan energi panas. Contoh peristiwa membeku adalah air yang diletakkan didalam kulkas, air yang cair akan menjadi padat / menjadi es, contoh lainnya yaitu proses pembuatan gula kelapa dan proses pembuatan agar-agar.
2. Mencair
    Peristiwa perubahan wujud zat dari padat menjadi cair. Dalam peristiwa ini zat memerlukan energi panas. Contoh peristiwa mencair adalah ketika es yang diletakkan pada sinar matahari atau berada di suhu yang panas, maka es tersebut akan berubah menjadi air. 
3. Menguap
    Peristiwa perubahan wujud dari cair menjadi gas. Dalam peristiwa ini zat memerlukan energi panas. Contoh penguapan yang sering kita jumpai adalah ketika menjemur pakaian, pakaian yang awalnya basah akan menjadi kering, contoh lain adalah bensin yang dibiarkan di udara terbuka dan minyak kayu putih dalam botol yang terbuka
4. Mengembun
    Peristiwa perubahan wujud dari gas menjadi cair. Dalam peristiwa ini zat melepaskan energi panas. Contoh peristiwa mengembun antara lain yaitu titik-titik embun di pagi hari, dan butiran air di bagian luar gelas yang berisi es.
5. Menyublim
    Peristiwa perubahan wujud dari padat menjadi gas. Dalam peristiwa ini zat memerlukan energi panas. Contoh peristiwa menyublim antara lain kamper yang dibiarkan di udara. Kamper berubah dari padat menjadi gas yang dapat kita rasakan dengan adanya bau kamper. Proses pembuatan es kering juga merupakan contoh peristiwa menyublim.
6. Mengkristal
    Peristiwa perubahan wujud dari gas menjadi padat. Dalam peristiwa ini zat melepaskan energi panas. Contoh mengkristal yaitu minyak wangi (parfume) yg di semprotkan ke tubuh kita akar terlihat seperti butiran-butiran halus, terjadinya peristiwa uap menjadi salju, dan juga proses pembuatan es kering (gas CO2)

    Ketika air dimasukkan ke dalam freezer akan mengalami perubahan wujud yaitu dari cair menjadi padat. Dapatkah kamu menjelaskan perubahan wujud yang terjadi ketika air dipanaskan kemudian mendidih? Perubahan wujud apa pula yang terjadi pada kapur barus yang dimasukkan pada almari pakaian.
contoh perubahan wujud zat
Dalam keadaan tertentu, zat atau materi ini dapat berubah wujud ke dalam wujud lainnya. Misalnya, air yang berupa zat cair ketika didinginkan akan berubah menjadi es yang berupa zat padat dan ketika dipanaskan akan berubah menjadi uap yang berupa gas. Begitupun sebaliknya, es yang berupa zat padat akan berubah menjadi zat cair ketika dipanaskan dan menjadi uap air. Jika uap air tersebut mengembun, maka akan kembali menjadi air. Pada contoh lain, lilin yang dinyalakan akan mencair dan dengan cepat akan kembali menjadi lilin yang padat.
    Seperti yang telah dijelaskan di sebelumnya, wujud zat dibedakan atas zat padat, cair dan gas. Ketika kamu memasak air, pernahkah mengamati apa yang terjadi ketika air dipanaskan? Air yang dipanaskan lama-kelamaan akan mendidih. Ketika air mencapai suhu 100 °C pada tekanan 1 atm, air akan berubah menjadi uap. Peristiwa perubahan wujud dari air (zat cair) menjadi uap (zat gas) dinamakan menguap. 
    Kapur barus yang dipanaskan, akan berubah menjadi gas. Hal ini dapat kamu rasakan dari bau gas yang tercium sebagai hasil pemanasan kapur barus. Peristiwa perubahan wujud dari kapur barus (zat padat) menjadi uap (zat gas) dinamakan menyublim. Peristiwa yang terjadi pada uap kapur barus (zat gas) menjadi serbuk-serbuk putih mengkilap (zat padat) yang menempel pada kertas putih dinamakan mengkristal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa itu Membeku, Mencair, Menguap, Mengembun, Menyumblim, dan Mengkristal? Perubahan Wujud Zat disertai Contohnya"

Posting Komentar