Cara Mencegah Komedo dan Penyebab Komedo



       Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mencegah komedo, setelah sebelumnya kita membahas tentang obat dan mencegah jerawat dan juga cara perawatan wajah.
       Komedo adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka (Blackhead) jika terlihat menghitam dan membesar dan tertutup (whitehead) jika terlihat seperti tonjolan putih kecil yang cirinya memiliki kulit yang tumbuh diatas pori-pori yang tersumbat.
 Penyebab komedo:
       Seperti halnya dengan jerawat maka komedopun juga disebabkan oleh produksi minyak yang berlebih, terutama pada remaja karena pengaruh hormon yang mengakibatkan peningkatan produksi minyak. Ketika akar rambut dan pori-pori kulit tersumbat oleh minyak maka nilah yang mengakibatkan timbulnya komedo. Ketika infeksi, maka bakteri akan mengakibatkan komedo dan jerawat lainnya. Komedo muncul karena beberapa faktor diantaranya: 
1.Sel-sel kulit yang telah mati, yaitu iritasi folikel rambut yang menyebabkan sel kulit mati tidak rontok secara teratur
2.Sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit, biasanya disebabkan perubahan hormon terutama pada saat remaja dan saat menstruasi
3.Pada permukaan kulit meningkat bakteri jenis propionibacterium acnes
4.Konsumsi obat-obatan, seperti pil KB, lithium, dan steroid

Cara mencegah Timbulnya Komedo:
1.Mencuci Muka Dengan Teratur
       Komedo muncul diarea muka oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kebersihan muka yaitu dengan teratur mencucinya. Ketika mencuci muka sebelum dan setelah tidur maka dapat membuang penumpukan munyak yang dapat menyebabkan komedo, Mencuci muka teratur bukan berarti terlalu sering mencuci muka karena justru dapat membuat kulit menjadi iritasi dan bisa memperburuk keadaan jerawat yang ada. Dan usahakan ketika kita telah mengkonsumsi makanan berlemak maka usahakan untuk mencuci muka, karena minyak makanan dapat menyumbat pori-pori.
2.Membersihkan / Mencuci Rambut Setiap Hari
       Ketika rambut berminyak maka dapat mengakibatkan tersumbatnya pori-pori yang dapat memicu timbulnya komedo. Terlebih lagi jika menggunakan minyak rambut yang memiliki kadar minyak yang tinggi.
3.Menggunakan Produk-Produk Yang Tidak Mengandung Minyak
       Produk-produk kecantikan sangat beragam, mulai dari yang mahal hingga termurah, akan tetapi perlu diwaspadai bahwa pemakaian produk-produk kecantikan yang sembarangan yang memiliki kandungan yang tidak memenuhi standar kesehatan justru dapat menyebabkan timbulnya komedo. Guanakanlah riasan, losion, tabir surya, dan produk lainnya yang tidak mengandung minyak yang akan mengundang timbulnya komedo.
4.Menggunakan Produk Pengelupas Kulit Yang Telah Mati
       Seperti yang telah kita ketahui bahwa sel kulit yang mati adalah salah satu penyebab munculnya komedo, oleh sebab itu cobalah untuk mengguanakan produk pengupas kulit mati seperti masker wajah dan scrub yang dapat mengangkat sel kulit mati dari wajah. Supaya lebih aman dalam mengggunakan pengupas kulit mati maka tanyakanlah kepada dokter spesialis mengenai produk yang aman untuk digunakan.

0 Response to "Cara Mencegah Komedo dan Penyebab Komedo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel