Pengertian Kromatografi, Contoh, Gambar, dan Fungsi Kromatografi

Kromatografi adalah cara pemisahan campuran menjadi komponen-komponen zat penyusunnya berdasarkan perbedaan kecepatan zat-zat tersebut bergerak bersama-sama dengan pelarutnya pada permukaan suatu benda penyerap. Dengan cara ini, zat-zat terlarut akan disebarkan di sepanjang permukaan benda penyerap oleh pelarut yang bergerak di sepanjang permukaan tersebut. Campuran yang berupa cairan dapat dipisahkan menjadi komponen-komponen penyusunnya dengan cara ini. 

Pemisahan campuran dengan cara kromatografi didasarkan pada perbedaan kecepatan merambat antara partikel-partikel zat yang bercampur pada medium tertentu.
  • Contoh pemisahan secara kromatografi adalah rembesan air pada dinding yang menghasilkan garis-garis dengan jarak tertentu.

Contoh lain penerapan kromatografi antara lain untuk memisahkan dan mengidentifikasi zat-zat yang kompleks dari zat warna, minuman beralkohol, dan pestisida.

Gambar Pemisahan Campuran dengan Kromatografi

Kita dapat mengetahui bahwa cairan tinta yang tampaknya seperti hanya satu warna saja, jika diuji secara kromatografi akan tampak tersusun atas dua atau lebih komponen zat yang ditunjukkan oleh timbulnya warna yang berbeda.
Berikut adalah gambar peristiwa kromatografi pada tinta dikertas dengan air:
Gambar Pemisahan Campuran dengan Kromatografi
Campuran pada tinta
Tinta pena yang berwarna hitam sebenarnya terdiri dari beberapa warna. Saat tinta di teteskan pada kertas saring dan kertas di pasang tegak pada gelas berisi air, maka tinta akan terbawa daya kapiler ke atas sehingga akan terpisah sesuai jenisnya warna dan kecepatan merembesnya dalam kertasa saring.

Contoh Fungsi Kromatografi dalam kehidupan sehari-hari

Contoh kromatografi adalah dapat berfungsi sebagai;
  1. Menguji apakah bahan pewarna pada makanan aman untuk di konsumsi.
  2. Menguji tinta yang di gunakan pada dokumen seperti surat perjanjian, cek, atau giro asli atau palsu.
  3. Menguji urine atlit apakah ada obat terlarang (dopping).
  4. Menguji apakah ada penyalahgunaan narkoba pada urine seseorang.
  5. Menguji apakah pestisida yang terdapat pada buah-buahan dan sayuran masih dalam batas aman.


  • Pemisahan campuran juga dapat dilakukan dengan cara sublimasi, kristalisasi, filtrasi, dan destilasi namun tidak semua zat dapat diterapkan pemisahan dengan semua metode, karena setiap metode digunakan pada zat-zat tertentu.


Penerapan kromatografi kali pertama dilakukan oleh botanis Rusia, yaitu Michael Tswett pada dekade pertama abad XX. Macam-macam komponen dipisahkan menjadi pigmen yang berbeda. Oleh karena itu, nama kromatografi diberikan untuk teknik Tswett itu. Kata "kromatografi" berasal dari bahasa Yunani yang artinya "merekam warna".

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Kromatografi, Contoh, Gambar, dan Fungsi Kromatografi"

Posting Komentar